Pemantauan JBM Pertanda Minat Belajar Menurun?

oleh -
iklan dispar

SEMANU,kabarhandayani–Jam Belajar Masyarakat (JBM) yang selama ini dianggap sudah hilang dan melempem, membuat Dinas Disdikpora menggalakan kembali kegiatan JBM. Dinas akan melakukan  kegiatan monitoring, yaitu memantau kegiatan belajar malam hari di masyarakat.
Dengan personel 5 orang dari provinsi ditemani 4 orang dari kabupaten, tim monitoring akan mengunjungi 3 kecamatan di Kabupaten Gunungkidul.
Menurut Jaiz Susilo, kegiatan Monitoring ini untuk memantau efektifitas jam belajar masyarakat di pedesaan. Karena hari ini selasa 16 September 2014, maka tim monitoring mengunjungi 3 kecamatan. Yakni Tanjungsari, semanu dan karangmojo.
Semanu tengah ditunjuk untuk menjadi sample dari kecamatan Semanu, karena memenuhi syarat dan sarana penunjang untuk menjadi sample Kecamatan semanu. Selain JBM, di dusun Semanu Tengah ada sarana penunjang berupa perpustakaan. Bagi masyarakat, JBM dan perpustakaan mendapat dukungan dari semua warga.
Masyarakat Semanu Tengah tergerak untuk menggalakan kembali kegiatan JBM untuk meningkatkan prestasi anak anak dalam belajar. Dengan tidak menghidupkan sarana elektronik selama rentang pukul 18.00-20.00 WIB, masyarakat mendukung kegiatan JBM.
“Selain budaya belajar yg sudah menurun, kegiatan penggalakan JBM ini untuk menggairahkan semangat belajar dengan harapan prestasi anak akan meningkat”, ujar Ses Santono, Dukuh Semanu Tengah.
“Dengan kegiatan ini, kami bisa mewakili kabupaten Gunungkidul di tingkat Provinsi atau bahkan tingkat Nasional”, pungkas Ses Tantono.(Jhody/Tty)

Komentar

Komentar