Pantai Greweng Surganya Pecinta Alam

oleh -
iklan dispar

GIRISUBO, kabarhandayani,– Dibukanya sekian banyak pantai di Kabupaten Gunungkidul untuk kegiatan kepariwisataan juga berimbas semakin sedikitnya pantai yang masih alami. Bagi para pecinta alam atau para pecinta wisata minat khusus yang ingin menikmati suasana yang masih benar-benar asri tak perlu khawatir, camping ground Pantai Greweng bisa menjadi destinasi untuk tujuan tersebut.
Pantai Greweng terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo. Untuk mencapai tempat ini harus berjalan kaki sekitar tiga puluh menit dari tempat penitipan mobil atau sepeda motor di Desa Jepitu. Pantai Greweng menyajikan keindahan panorama pantai dengan hamparan pasir yang luas. Di area ini tumbuh pandan pantai dan vegetasi lainnya yang masih rimbun dan tak terusik tangan jahil. Selain pasir putih yang luas, di pantai ini juga mengalir sungai kecil dari sebelah utara. Air sungai ini berasal dari sumber mata air pegunungan kapur yang ada di Desa Jepitu.
Ciri unik lain dari Pantai Greweng adalah juga tumbuhnya vegetasi bakau (mangrove). Dalam area vegetasi mangrove ini terdapatnya biota kepiting besar berbagai jenis ikan yang nyaman hidup.
Tidak sampai di sini, Pantai Greweng juga memiliki goa yang biasanya sebagai tempat pertapaan. Menurut cerita warga setempat, goa pertapaan itu sering digunakan untuk bertapa orang yang tak tahu dari mana asalnya.
Cerita rakyat yang masih berkembang sampai saat ini, goa pertapaan itu merupakan tempat singgah Nyi Roro Kidul, penguasaha laut selatan. Konon tidak setiap orang bisa menemukan pusat dari goa ini jika tidak direstui Nyi Roro Kidul.
Pantai Greweng memang memiliki berbagai pesona. Di sekitar pantai ini juga terdapat gugusan pantai lainnya, yaitu: Pantai Sedahan, Pulau Timang atau Pulau Glatik. Jika para pecinta alam berani, bisa menyeberang ke Pulau Glatik dengan gondola dengan didampingi warga setempat.
Warga setempat yang dikoordinasi oleh Pokdarwis Jungwok Idaman Desa Jepitu dengan ramah siap menjadi pemandu wisata. Mereka siap membantu apa yang dibutuhkan wisatawan. Pengunjung juga dapat menikmati kebersamaan dalam situasi kegiatan masyarakat perdesaan di lingkungan permukiman maupun kegiatan pertanian ladang pesisir yang sehari-hari dilaksanakan masyarakat setempat.
Untuk informasi dan reservasi dapat menghubungi Bagian Promosi dan Pemasaran Pokdarwis Jungwok Idaman di nomor 087838221235 (Heri). Pokdarwis Jungwok Idaman (Indah dan Nyaman) adalah kelompok swadaya masyarakat Desa Jepitu yang mengelola wisata Pantai Jungwok, Pantai Greweng, Pulau Glatik, Pantai Sedahan dan Pantai Mabang. Sebagai wisata minat khusus, setiap kegiatan wisata yang dilakukan di kawasan pantai ini selalu menekankan aspek konservasi lingkungan. (Heri Purnomo/Jjw).
Catatan: Artikel ini berisi muatan promosi wisata  minat khusus berbasis konservasi lingkungan yang dikelola Pokdarwis Jungwok Idaman Desa Jepitu.

Komentar

Komentar