Padukuhan Nglampar Panen Padi Hibrida Varietas Mapan

oleh -
iklan dispar

image
Panen Padi Hibrida di Nglampar Wiladeg. KH/Dwianjani

KARANGMOJO, (KH)—Ditetapkannya Padukuhan Nglampar, Desa Wiladeg, Kecamatan Karangmojo menjadi lokasi  lahan percontohan padi hibrida varietas mapan berbuah manis. Hari ini Kades Wiladeg didampingi Komandan Kodim 0730 Letkol Infanteri Priyanto, mantri tani dan poktan setempat melakukan panen bersama produksi 12,4 ton padi dari lahan seluas 6 Ha di padukuhan tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut anggota babinsa Kodim 0730/GK, Pelda Widyanto yang sebelumnya menjalankan pelatihan pertanian di Dispertan DIY. Sebelumnya anggota TNI tersebut juga mengembangkan ilmunya melalui sistem tanam jajar legowo (tajarwo) dan mendapatkan hasil yang dirasa maksimal.

Letkol Infanteri Priyanto mengaku bangga dengan upaya anggotanya yang kini membuahkan hasil bagi warga setempat. Ia menambahkan penanaman padi tersebut tidak menggunakan pupuk urea melainkan menggunakan pupuk kandang sebagai bahan penyuburnya. Pupuk tersebut juga merupakan hasil pengembangan dari Pelda Widyanto yang membuat pupuk kandang dari air seni sapi olahan.

“Kami berharap ini dapat menumbuhkan semangat kerja para tentara terutama babinsa untuk mendampingi petani mulai dari pendistribusian pupuk, bibit, penanaman sampai panen,” pungkasnya, Selasa (24/11). (Maria Dwianjani)

Posted from WordPress for Android

Komentar

Komentar