Ombak Besar Pantai Selatan, SAR Siagakan 50 Personil

oleh -
iklan dispar

TANJUNGSARI, Kabarhandayani – Tingginya ombak pantai selatan Kabupaten Gunungkidul yang terjadi sejak tiga hari lalu hingga kini masih dirasakan. Sejumlah nelayan memilih untuk tidak melaut sampai ombak dinyatakan aman oleh petugas Search And Recue (SAR).

Menurut keterangan Marjono Koordinator Tim SAR Wilayah II Pantai Baron, ombak laut pantai selatan hari Rabu (14/5/2014) masih tergolong tinggi, mencapai 2 – 2,5 meter. Besar ombak kian menurun jika dibandingkan dua hari lalu yang mencapai 14,4 feet atau 4,5 meter.

“Ada 1-3 nelayan yang nekat melaut, tetapi banyak nelayan yang masih enggan melaut dan memilih memperbaiki kapal, menyulam jaring hingga ombak kembali normal,” ungkap Marjono.

Marjono menambahkan, untuk memberi rasa aman kepada para wisatawan saat libur hari besar Waisak Kamis besok (15/5/2014), pihaknya telah mensiagakan 50 Anggota SAR yang akan berjaga selama 24 jam penuh.

Dalam melakukan pengawasan, Tim SAR akan dibagi dalam dua shift. Masing-masing shift berjumlah 25 orang. Anggota SAR tersebut akan berjaga di pantai Baron, Pantai Drini, Pantai Pulang Sawal dan Pantai Sundak.

“Pantauan terhada wisatawan terus kita laksanakan untuk meminimalisir kecelakaan laut. Anggota kita juga akan melakukan patroli di wilayah pantai yang belum ada pos penjaga,” papar Marjono.

 

Penulis: Juju

 

Komentar

Komentar