Masjid Agung Al Ikhlas Gelar Shalat Ied, Tapi Tak Sembelih Hewan Kurban

oleh -
Ibadah di Masjid Agung Al Ikhlas. (KH)
iklan hut ri multazam

GUNUNGKIDUL, (KH),– Shalat Idul Adha dipastikan digelar di Masjid Agung Al Ikhlas Wonosari, Gunungkidul, Jumat, (31/07/2020) besok. Namun demikian dengan berbagai pertimbangan, usai Shalat, jamaah tidak akan menggelar penyembelihan hewan kurban.

“Solat Ied digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat,” kata Ketua Takmir Mesjid Al-Ikhlas, Andar Jumailan, Kamis, (30/7/2020).

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gunungkidul, Dr. KH. Asrofi akan menjadi Imam dan Khatib pada shalat yang akan dilaksanakan pukul 06.30 WIB pagi besok.

“Keputusan tidak menggelar kurban diambil untuk mencegah terjadinya kerumunan massa di lingkungan Mesjid,” imbuh Andar. Hal tersebut guna mengantisipasi meluasnya penularan COVID-19.

Jamaah Masjid Al Ikhlas, untuk tahun ini diminta menggelar penyembelihan hewa kurban di wilayah RT masing-masing.

Terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Gunungkidul Arief Gunadi membolehkan semua mesjid dan Mushola untuk melaksanakan ibadah Idul Adha, seperti Takbir dan Solat Ied.

“Tapi tidak perlu takbir keliling. Saat Ibadah Shalat seluruh pengurus mesjid dan jamaah harus mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan,” tegas Arief.

Tak sebatas pelaksanaan protokol saja, Masjid juga diwajibkan memiliki surat keterangan aman COVID-19 dari Gugus Tugas setempat. (Kandar)

Komentar

Komentar