Masih Ada yang Buang Sampah di Kali Oya

oleh -
iklan dispar

WONOSARI,(KH),– Membuang sampah pada tempatnya ternyata belum sepenuhnya menjadi kesadaran warga masyarakat. Hal ini terbukti dari adanya ceceran sampah di bawah jembatan Kali Oya di perbatasan Desa Karangtengah Kecamatan Wonosari dan Desa Kedung Keris Kecamatan Nglipar.
“Saya juga gak tahu mas siapa yg membuang. Saya sempat pernah melihat orang yang membuang sampah itu cuma dilempar sambil mengendarai kendaraan bermotor, “ ujar Surono, salah satu warga yg memiliki lahan pertanian di dekat jembatan tersebut, Sabtu (11/10/2014).
Dari berserakannya sampah di bawah jembatan Karangtengah dan kesaksian Surono tersebut, nampak bahwa masih terdapat warga masyarakat yang tidak mau mengelola sampah rumah tangganya dengan benar dan seenaknya membuang sampah di bantaran kali. Pembuang sampah yang ditengarai memakai sepeda motor tersebut sebenarnya juga menunjukkan bahwa pelaku memiliki kondisi perekonomian yang lebih baik dibandingkan para petani desa yang tidak memiliki sepeda motor.
Buangan sampah di bantaran sungai tersebut jelas mencemari aliran sungai Oya. Apalagi sampah yg dibuang juga bermacam-macam. Aada sampah rumah tangga, sampah sisa kain jahitan dan sampah-sampah lain yang sifatnya susah terurai. (Berita kiriman: Inug Nugroho, Ed: Jjw).

Komentar

Komentar