Masa Tenang, APK Pilpres Ditertibkan

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani.– Penertiban alat peraga kampanye (APK) Pemilihan Presiden (Pilpres) mulai dilakukan setelah memasuki masa tenang. Sesuai peraturan KPU masa tenang Pemiihan Presiden (Pilpres) 2014 dimulai pada hari Minggu hingga Selasa, (6-8/7/2014).
Meski seharusnya telah ditertibkan oleh masing tim sukses Capres, APK Pilpres masih banyak terpampang dipinggir jalan atau pun di tempat-tempat strategis lainnya. Menanggapi hal ini, Divisi Pengawasan Panitia Pemilu Kabuputen Gunungkidul Budi Haryanto mengungkapkan hari Minggu (6/7/2014) ini diadakan penertiban sejumlah APK yang masih terpasang.
“Hari ini penertiban APK di seluruh kecamatan di Gunungkidul. Penertiban dilakukan oleh Panwascam (Panitia Pemilu Kecamatan) dan seluruh PPL (Pengawas Pemilu Lapangan),” kata Budi, Minggu (6/7/2014).
Sementara Ton Martono, MS Ketua Panwascam Wonosari hari minggu ini bersama semua jajaran PPL di Kecamatan Wonosari telah melakukan penertiban ke sejumlah tempat. Target mereka adalah hari ini Kecamatan Wonosari mulai bebas dari APK Pilpres.
“Kami mulai menyisir dari kantor Kecamatan Wonosari menuju ke utara arah Desa Karang Tengah. Kemudian berlanjut ke Ledoksari Kepek, Siraman, Wonosari, Baleharjo, dan sekitarnya. Target utama hari ini adalah penertiban APK yang terpajang di tempat strategis, untuk daerah yang masuk di desa seperti gang jalan nanti biar PPL masing-masing desa yang melakukan,” terang Martono.
Ton Martono bersama anggota panwascam lainnya mulai menertibkan APK sejak pukul 08.00 WIB. Baru beberapa desa yang ditertibkan, ratusan APK telah diturunkan dan akan diamankan di kantor sekretariat Panwascam Wonosari.
“Banyak sekali jumlahnya. Tapi beruntung ada APK di beberapa desa sudah diturunkan oleh tim sukses atau relawan Capres Masing-masing. Aturan yang sebenarnya memang seperti itu, APK harus diturunkan oleh kubu masing-masing Capres,” katanya. (Maryanto/Hfs)

Komentar

Komentar