Masa Depan Wisata Gunung Panggung

oleh -
Pengerjaan proyek Embung Gungung Panggang. Foto : Hari.
iklan dispar
Pengerjaan proyek Embung Gungung Panggang. Foto : Hari.
Pengerjaan proyek Embung Gungung Panggang. Foto : Hari.

PONJONG, (KH) — Bagaimana masa depan Gunung Panggung yang menjadi salah satu tempat wisata yang berada di Padukuhan Klepu, Tambakromo, Kecamatan Ponjong, Kabupate Gunungkidul.

Akhir Tahun 2014 pemerintah pusat memberikan bantuan dana sebesar  Rp. 1 Miliyar kepada Pemerintah Kecamatan Ponjong untuk pengembangan wisata di area Gunung Panggung.

Susilo Marwanto saat ditemui di kantornya mengatakan, bahwa dana sebesar Rp. 1 Miliyar yang diberikan akan digunakan untuk pengembangan Gunung Panggung dan juga kebun buah di sekitar gunung.

“Konsepnya nanti seperti Embung Nglanggeran mas. Di sekitar Embung Gunung Panggung akan ditanami buah buahan seperti kelengkeng, durian, dan juga buah naga,” tambah Susilo.

Tahun baru kemarin Gunung Panggung menjadi tujuan sebagian masyarakat, karena masyarakat bisa melihat pemandangan yang sangat indah pada waktu malam hari.

Pengerjaan Embung Gunung Panggung sudah mencapai 75%. Tinggal merapikan dan memasang alat alat pendukung. Pengerjaan proyek menggunakan 2 alat berat dan menggunakan jasa tenaga kerja masyarakat sekitar. Untuk kedalaman embung sekitar 4 meter dan di bagian tengah dibuat lebih dalam sekitar 6 meter.

Sebenarnya, targetnya selesai Desember 2014 kemarin, Tapi, karena terkendala musim hujan, maka belum selesai. Ini juga sebenarnya sudah cepat mas, karena tekstur di atas sini bukan tanah tapi bebatuan ,” ujar Sumarno pengawas proyek ini.

“Di bawah, nanti akan dibuat kebun buah mas, dan juga lahan parkir, sudah dikonsep sekitar 3000 meter,” tambah Sumarno. (Hari/Tty)

Komentar

Komentar