LVRI Pancangkan Bambu Runcing di Makam Suwardi

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani– Almarhum Suwardi, mantan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada masa penjajahan tahun 1949 mendapat penghargaan dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Kamis (12/6/2014).

Almarhum Suwardi mendapat penghargaan pemancangan bambu runcing berbendera merah putih yang dipancangkan di pusaran pemakaman umum Padukuhan  Trimulyo, Desa Kepek, Wonosari.

Sekretaris LVRI cabang Gunungkidul Sukarno mengatakan, penghargaan pemancangan bambu runcing berbendera merah putih dilakukan untuk mengenang jasa pahlawan.

“Almarhum Suwardi merupakan salah satu pejuang 1949 yang saat itu bertugas menjadi kurir dalam mempertahankan kedaulatan RI melawan Belanda,” kata Sukarno seusai melaksanakan upacara bersama puluhan veteran di lingkungan pemakaman.

Sukarno menambahkan, bagi pejuang yang gugur sebelum tanggal 27 Desember 1945 akan diberi gelar pejuang dan akan mendapatkan pemancangan bambu runcing berbendera merah putih. Jika pejuang tersebut gugur setelah tanggal 27 Desember 1945 akan diberi gelar pejuang pembantu. 

Lebih lanjut Sukarno mengatakan, dari Tahun 2010 hingga tahun 2014, sudah ada 27 pemancangan bambu runcing berbendera merah putih yang dilaksanakan di Gunungkidul. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar