Longsor di Gedangsari Terjang Rumah, Kerugian Capai 10 Juta

oleh -
Longsor di Gedangsari. KH
iklan dispar
Longsor di Gedangsari. KH
Longsor di Gedangsari. KH

GEDANGSARI, (KH)— Adanya hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Gedangsari, mengakibatkan musibah tanah longsor. Kali ini tanah longsor menerjang rumah warga di Padukuhan Jatirejo, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari.

Sebagaimana disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Budiharjo, longsor terjadi pada sabtu, (26/11/2016) malam sekitar pukul 22.00 WIB. Akibatnya, rumah milik Sukarti dindingnya Jebol.

“Tebing diperkirakan dengan panjang 10 meter dan tinggi sekira 15 meter longsor mengenai rumah. Tembok rumah sepanjang 3 meteran jebol,” jelasnya.

Ia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut, namun penghuni rumah mengalami kerugian materi sekitar Rp. 10 jutaan.

Setelah mendapat laporan, BPBD keesokan harinya menerjunkan petugas untuk membantu warga melakukan evakuasi material longsor.

Untuk meminimalisir dampak yang jauh lebih besar apabila terjadi musibah serupa, pihaknya tak henti-henti melakukan sosialsisasi untuk meningkatkan kewaspadaan terlebih saat cuaca ekstrim terjadi, seperti misalnya hujan dengan intensitas tinggi.

Bagi warga yang tinggal di daerah lereng bukit, demikian disampaikan, lebih-lebih dengan kondisi tanah yang yang labil diharapkan  untuk lebih hati-hati dan waspada.

“Potensi cuaca ekstrim masih ada, warga dimohon waspada agar kerugian dan korban bisa diminimalisir,” pintanya. (Kandar)

Komentar

Komentar