Kunjungan Wisatawan Pantai Turun?

oleh -
Situasi pos retribusi kawasan Pantai Baron. Foto: Maryanto.
iklan dispar
Situasi pos retribusi kawasan Pantai Baron. Foto: Maryanto.
Situasi pos retribusi kawasan Pantai Baron. Foto: Maryanto.

TANJUNGSARI, (KH) — Memasuki minggu kedua masa liburan akhir tahun 2014, jumlah wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata pantai di Gunungkidul mengalami penurunan. Hal ini dimungkinkan karena beberapa hari terakhir terjadi turun hujan hingga menyebabkan masyarakat enggan keluar rumah untuk berwisata.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Supardi, petugas pos retribusi Pantai Baron, di tempat kerjanya saat ditemui KH. Ia mengungkapkan penurun kunjungan wisatawan pada minggu kedua ini mencapai 40% dibanding hari-hari sebelumnya selama libur akhir tahun.

“Penurunan kunjungan terjadi mulai hari Senin kemarin. Kemarin yang masuk melalui pos retribusi sini cuma sekitar 4000 pengunjung saja. Hari ini juga sama, sampai siang ini (pukul12.05 WIB) pengunjung yang masuk baru sekitar 1000-an. Sebelumnya pengunjung bisa mencapi 7000-an dalam sehari,” kata Supardi, Selasa (30/12).

Supardi meneruskan, kebanyakan pengunjung yang melintas di pos retribusi yang ia jaga adalah pengunjung dengan kendaraan pribadi dan sepeda motor. Menurutnya, liburan kali ini jarang wisatawan rombongan bus yang masuk ke destinasi wisata pantai melalui pos retribusi Pantai Baron.

“Bus rombongan yang masuk juga ada, tapi tak seberapa jumlahnya. Mungkin langsung menuju ke Pantai Pulang Sawal (Indrayanti) lewat jalur Tepus,” lanjutnya.

Mengingat masa liburan masih cukup panjang, lanjut Supardi, lonjakkan pengunjung masih dimungkinkan terjadi. Jumlah kunjungan wisatawan diprediksi bisa naik asal cuaca mendukung dan tidak terjadi hujan seperti 2 hari sebelumnya.

“Lonjakkan pengunjung kemungkinan masih bisa terjadi saat tahun baru nanti asalkan tidak terjadi hujan. Pernah loh, pas tahun baru sepi pengunjung karena seharian hujan,” pungkasnya. (Maryanto)

Komentar

Komentar