Jelang Lebaran Aktivitas Pegadaian Meningkat

oleh -
iklan dispar

WONOSARI, kabarhandayani.— Kebutuhan masyarakat menjelang lebaran nampaknya mempengaruhi aktivitas kantor Pegadaian, pasalnya banyak masyarakat yang menggadaikan barangnya guna memenuhi kebutuhan saat lebaran nanti.
Suratmi (43) warga Siyono Wetan mengaku, menggadaikan kalung dan gelangnnya untuk keperluan lebaran nanti, ia terpaksa harus menggadaikan emasnya lantaran suaminya tidak mendapat gaji normal karena sedang sakit.
“Terpaksa kalung dan gelang digadaikan dahulu sebab keperluan untuk lebaran sangat besar namun suami tidak mendapatkan gaji full karena sedang sakit,” katanya, Senin (21/07/14).
Pengelola Unit Pegadaian Gunungkidul Miftahul Azmi membenarkan adanya lonjakan aktivitas di pegadaian. kepada KH ia mengungkapkan, sebenarnya kenaikan sudah terasa saat masuk tahun ajaran baru sekolah, karena masyarakat membutuhkan uang untuk biaya anaknya melanjutkan studi.
“Meningkatnya transaksi paling banyak mulai dari minggu lalu, bahkan sampai hari ini peningkatan terus terjadi,” ungkapnya.
Untuk barang yang digadaikan oleh masyarakat kebanyakan berupa perhiasan dan alat elektronik seperti laptop. Peningkatan diprediksi akan terus terjadi hingga masa libur sebelum lebaran.
“Biasanya puncak peningkatan terjadi empat hari sebelum lebaran,” imbuhnya
Miftahul menambahkan untuk sistem yang digunakan di pegadaian, masa gadai empat bulan, jika sudah jatuh tempo belum lunas akan diperpanjang, namun jika tetap belum bisa melunasi akan diberikan surat pemberitahuan bahwa barang akan dilelang.
Selama sehari transaksi uang yang berputar berkisar antara Rp 150 juta hingga Rp 200 juta. Barang yang digadai juga harus melalui prosedur spesifikasi yang kami lakukan. “Untuk emas kita cek kadar emasnya dan untuk laptop kita lihat spesifikasinya,” pungkas Miftahul. (Atmaja/Hfs)

Komentar

Komentar