Heritage Cross Country, Upaya Kenalkan Destinasi Wisata Gunung Ireng

oleh -
Gunung ireng
Peserta heritage cross country berfoto di Gunung Ireng. (KH)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Ratusan peserta mengikuti Heritage Cross Country di kawasan Destinasi Wisata Gunung Ireng di Kalurahan Pengkok, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Sabtu, (26/3/2022).

Agenda yang digelar Kapanewon Patuk bersama Pokdarwis Gunung Ireng tersebut menjadi salah satu upaya mengenalkan wisata di kawasan Patuk sekaligus menggeliatkan kunjungannya. Selama ini, kunjungan wisata masih terpusat di sektor selatan atau kawasan pantai.

Tak hanya itu, selama Pandemi COVID-19, sektor wisata cukup terpuruk akibat kebijakan pemerintah yang menerapkan pembatasan. Setelah ada kelonggaran, kunjungan diharapkan kembali naik.

“Sport tourism seperti ini diharapkan mampu mengenalkan destinasi Gunung Ireng yang memiliki panorama indah sekaligus menaikkan kunjungan wisata. Orientasinya memang menaikkan perekonomian masyarakat,” harap Panewu Patuk, Imam Santosa disela agenda.

Diungkapkan, Heritage Cross Country diikuti 475 peserta dengan jumlah 95 regu. Selain dari lokal Gunungkidul, peserta juga datang dari Kulonprogo, Wonogiri, dan wilayah lain di DIY.

Senada dengan panewu, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto juga berharap perhelatan lomba lari sembari menyusuri alam mampu menjadi pengungkit perekonomian masyarakat setidaknya di sekitar destinasi wisata. Selain itu, gelaran Heritage Cross Country sesaui dengan keinginan pemerintah dalam rangka pengembangan destinasi wisata di sektor utara. Agar kedepan dominasi kunjungan wisata tak hanya di sisi selatan.

Cross country
Salah satu group peserta Heritage Cross Country memulai lari. (KH)

“Kami mendorong pokdarwis dan kelompok masyarakat yang mengelola destinasi yang memungkinkan dikenalkan dengan kemasan ‘berbeda’ misalnya melalui kolaborasi olahraga atau yang lain agar segera mengupayakannya,” pesan Heri.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Arif Aldian menyambut baik gelaran Heritage Cross Country. Banyak pilihan tema pengembangan destinasi wisata di Gunungkidul dengan harapan mampu memberdayakan masyarakat dan meningkatkan perekonomiannya.

“Di Gunungkidul ada beberapa destinasi wisata yang memungkinkan dikembamgkan dengan gelaran event dengan berbagai konsep. Ada paralayang, panjat tebing, surfing dan lain-lain,” ungkap Arif. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar