Hati-hati, Gelombang Pantai Selatan Kembali Tinggi

oleh -
iklan dispar
TANJUNGSARI, kabarhandayani, — Wisatawan di kawasan pantai selatan Gunungkidul, hari ini Minggu (24/8/2014) kembali harus berhati-hati karena gelombang laut kembali naik. Berdasarkan informasi Tim SAR Wilayah Baron 2, gelombang laut mencapai 18 feet atau setara dengan 5,4 meter.
“Gelombang tertinggi terjadi pada pagi hari. Tadi pagi air laut menggenang hingga lapak di sebelah timur dekat TPI (Tempat Pelelangan Ikan),” ujar Marjono, Ketua Koordinator SAR Wilayah Baron 2, Minggu (24/8/2014).
Beruntung, naiknya gelombang laut yang tinggi tersebut tidak menyebabkan kerusakan yang berarti di wilayah pantai. Namun, Tim SAR yang bertugas selalu memberikan peringatan pada pengunjung dan pedagang agar meningkatkan kewaspadaan.
Adanya gelombang tinggi mengakibatkan para nelayan berhenti dari aktivitasnya melaut. Puluhan perahu hanya terlihat mangkrak di area parkir. Kondisi ini juga menyebabkan stok ikan di TPI menjadi berkurang.
Meski gelombang sering menjadi faktor yang menakutkan bagi wisatawan, namun jumlah kunjungan wisatawan pada hari libur akhir pekan ini tetap cukup tinggi. Ribuan wisatawan tetap asyik bermain di pantai karena menjelang sore gelombang mulai surut.
“Kunjungan wiasatawan tetap luar biasa. Hari ini tetap aman bagi wisatawan, tapi harus tetap mematuhi himbauan kami,” lanjut Marjono.
Marjono menambahkan, gelombang laut diperkirakan akan semakin surut dalam sepekan ini. “Kejadian gelombang tinggi tak akan berlangsung lama dan akan segera kembali normal,” ujarnya. (Maryanto/Jjw).

Komentar

Komentar