Hari Ini Matahari Tepat Di Atas Ka’bah, Saat Yang Tepat Membetulkan Arah Kiblat

oleh -
Ka'bah. Foto: istimewa.
iklan dispar
Ka’bah. Foto: istimewa.

WONOSARI, (KH),– Berdasar data astronomi, hari ini matahari melintas tepat di atas Ka’bah. Sehingga menjadi waktu yang tepat untuk membetulkan arah kiblat. Sebagaimana himbauan yang dikeluarkan Kemenag pada RI 13 Juli lalu.

Dalam press release yang ditandatangi Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Kemenag RI, Muhammad Tambrin, menyatakan, atas fenomena tersebut bayang-bayang suatu benda yang berdiri tegak lurus di mana saja akan mengarah ke ka’bah.

Diinformasikan, waktu tepat terjadi pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA. “Pastikan benda sebagai patokan benar-benar tegak lurus, atau pergunakan bandul atau lot,” himbaunya pada salah satu butir isi release.

Selain itu, permukaan dasar harus benar-benar datar dan rata. Sementara untuk ketepatan waktu juga harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

Di kutip dari berbagai sumber, dalam satu tahun masehi, matahari singgah dua kali tepat di atas Ka’bah. Hal ini merupakan pengetahuan yang sudah tua umurnya. Namun sepertinya masyarakat awam tidak banyak yang mengetahui. Dalam bahasa arab disebut sebagai peristiwa Istiwa A’zham (Persinggahan Utama). Peristiwa ini juga disebut “rashdul qiblah”. (JNE)

Komentar

Komentar