Harga Hewan Kurban Anjlok

oleh -
iklan dispar

GIRISUBO, kabarhandayani–Menjelang Hari Raya Kurban yang tiba pada tanggal 05 Oktober di Pasar Hewan Jepitu terlihat banyak hewan kurban jenis kambing. Pasar hewan di Jepitu ada setiap pasaran Pon.
Tidak hanya blantik lokal yang ada di pasar ini, melainkan juga blantik dari beberapa kecamatan seperti Tepus, Semanu, Rongkop, bahkan ada yang dari Praci.
Saat ini hewan kurban yang dijual cukup banyak, tetapi harganya di bawah harapan para blantik. Harga hewan kurban jenis kambing saat ini sangat murah, bahkan anjlok dari pada hari biasa.
Menurut salah satu blantik anjloknya harga disebabkan banyaknya hewan kurban yang dijual dan sepinya orang yang hendak berkurban.
“Harga kambing anjlok mas; yang mencari hewan kurban sepi” ucap Yatin blantik asal Jepitu. Harga hewan Kurban di Pasar Jepitu kisaran 1.500.000-2.500.000 untuk ukuran kambing Kurban.
Hal serupa disampaikan Sudarso, penjual hewan kurban di Pasar Jepitu ” regane biasa biasa wae mas,aku adol gede lemu gur payu rong juta patangatus mas”.
Ada beberapa penjual yang membawa pulang lagi kambing yang dibawanya, karena harga terlalu murah dan belum mendapat untung.
Harga cukup tinggi justru terjadi pada kambing kecil atau cempe. Harganya relatif tinggi dan termasuk mahal. Cempe yang jantan kisaran harga antara 700 Ribu – 1.400 Ribu.
Pada umumnya musim kemarau akan membuat harga hewan ternak murah, tapi tidak untuk cempe saat ini, relatif mahal.Jika masyarakat yang mencari hewan kurban kambing sepi, kemungkinan besar juga berimbas ke hewan kurban jenis sapi.(Heryrado/Tty)

Komentar

Komentar