Harga Bawang Merah dan Bawang Putih Masih Tinggi

oleh -
iklan dispar
bawang
Pedagang sembako di Pasar Argosari Wonosari. Foto: Juju.

WONOSARI,(KH) — Harga komoditas bawang di Kabupaten Gunungkidul mengalami kenaikan sejak 2 pekan terahir, hingga kini harga di pasar induk Argosari Wonosari juga masih tinggi. Melonjaknya harga komoditas bawang ini berakibat pada turunnya minat beli masyarakat.

Harga bawang merah maupun putih di Pasar Argosari Wonosari mengalami kenaikan yang sangat drastis. Harga bawang putih yang sebelumnya 20 ribu per kilogramnya, sekarang menjadi 30 ribu rupiah per kilonya. Sementara untuk bawang putih dari harga Rp 13 ribu kini mencapai 25 ribu rupiah per kilo.

Dampak naiknya harga tersebut berimbas pada menurunnya minat beli masyarakat. Para pedagang pun juga mengeluhkan dampak tersebut karena dagangan mereka tidak laris seperti saat harga belum naik. Para pedagang mengaku, sebelum mengalami kenaikan harga sejak setengah bulan yang lalu, permintaan konsumen masih tinggi.

Salah satu pedagang di Pasar Argosari Wonosari Siswanto mengatakan, kenaikan harga komoditas barang terjadi sekitar 2 pekan lalu,  akibatnya daya beli masyarakat mengalami penurunan. “Harga masih tetap tinggi, akibatnya daya beli masyarakat menurun,”katanya Sabtu (28/3/2015).

Para pedagang berharap, harga komoditas bawang segera stabil karena mereka khawatir jika dagangannya tidak kunjung laku akan mengalami busuk sehingga mengalami kerugian. (Juju)

Komentar

Komentar