Gubug Pintar Ajak Kembali Budayakan JBM

oleh -
kadhung tresno

SEMANU, kabarhandayani.– Gubug Pintar sebagai komunitas belajar yang lahir di tengah masyarakat, komunitas ini  konsen terhadap kondisi sosial masyarakat, dalam hal ini di bidang pendidikan. Gubug Pintar berupaya dan berusaha memberikan layanan pendidikan non formal terbaik bagi masyarakat di sekitarnya.

Gubug Pintar berada di Padukuhan Nitikan Timur, Desa Semanu, Kecamatan Semanu. Bertepatan dengan bulan puasa Gubug Pintar pada Minggu (13/7/2014) mengadakan buka bersama dan sosialisasi program Jam Belajar Masyarakat. Acara tersebut dihadiri oleh 300an warga di sekitar Gubug Pintar, perangkat Desa Semanu, Kepala Desa Semanu, Penilik Kecamatan Semanu, Camat Semanu, Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ngudi Kapinteran Semanu, Badan Perwakilan Desa (BPD) Desa Semanu dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Desa Semanu.

Tri Sudaryani (29) Koordinator Gubug Pintar menjelaskan, kegiatan buka bersama dilakukan untuk memberikan ruang kepada masyarakat, pengelola Gubug Pintar, pemerintah desa, maupun pemerintah kecamatan untuk bersilaturahmi, berbagi informasi dan pengetahuan. Agar lebih santai acara dikemas dengan kegiatan buka puasa bersama.

Tri Sudaryani menambahkan, selain buka puasa bersama dan silaturahmi antara masyarakat dengan pengelola Gubug Pintar, pemerintah desa, maupun pemerintah kecamatan acara inti diisi dengan sosialisasi untuk membangun kembali semangat dan menghidupkan program Jam Belajar Masyarakat (JBM) di lingkungan Gubug Pintar. “Program JBM adalah program yang baik di mana membudayakan belajar menjadi sebuah kebutuhan bersama, bukan kebutuhan pemerintah atau pengelola saja,” jelasnya.

Andang Yunanto Kepala Desa Semanu sebagai salah satu narasumber dalam sosialisasi JBM di Gubug Pintar mengajak masyarakat untuk bergerak kembali membudayakan JBM, tidak hanya sebatas membuat plangisasi, membuat poster atau spanduk tetapi berbuat yang riil dan sederhana sesuai kemampuan masing-masing. Andang mengajak warga yang hadir dan seluruh stakeholder untuk bersama-sama kembali menggiatkan JBM dan merubah pandangan, belajar bukan sebagai sebuah perintah atau tugas tetapi sebagai sebuah kebutuhan dasar masyarakat.

“Kegiatan sederhana yang bisa kita  lakukan diantaranya bagi orangtua, sebisa mungkin untuk mendampingi anak belajar pada dan mematikan tv pada jam 19.00 sampai jam 21.00,” katanya.

Sementara itu Camat Semanu Drs. Wastana yang hadir pada kesempatan itu menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Gubug Pintar. Wastana berharap, warga memberikan prioritas pada kebutuhan anak untuk belajar. “Jadikan masalah pendidikan menjadi prioritas utama dalam pemenuhan kebutuhan keluarga,” tegasnya. (Hery_Fosil/Rdk)

 

Komentar

Komentar