Formasi Auditor Pertama Jadi Rebutan Calon Peserta Tes CPNS

oleh -
iklan dispar
WONOSARI, kabarhandayani.– Ribuan orang menyerahkan berkas pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di BKD Kabupaten Gunungikdul, Kamis (18/9/2014). Hari ini merupakan hari terakhir penerimaan berkas.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Gunungkidul, Sigit Purwanto mengatakan, ribuan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dari berbagai daerah mulai menyerahkan berkas sejak seminggu lalu. Hingga saat ini sekitar 80 persen dari jumlah pendaftar telah menyerahkan berkas.
Untuk pendaftaran CPNS di lingkungan Pemkab Gunungkidul secara online, yang ditutup pada (17/9) kemarin mencapai 2.129 orang. Sedangkan yang melakukan verifikasi pada hari terakhir penyerahan berkas, pada pukul 09.30 WIB mencapai 1.790 orang.
“Dari hasil verifikasi sementara, 45 orang dinyatakan tidak lulus, karena ada beberapa persyaratan seperti Indek Prestasi Komulatif (IPK) tidak mencapai batas minimum syarat pendaftaran, usia lebih, hingga ada beberapa pendaftar yang hanya menunjukan surat keterangan ijasah, sedangkan 299 belum melakukan verifikasi,” terang Sigit.
Menurutnya, dari 30 formasi yang dibutuhkan di Gunungkidul, Auditor Pertama merupakan formasi yang paling diminati. Sejak hari pertama dibuka hingga hari terakhir, pendaftar di formasi itu mencapai 1.368 orang. Setelah di verifikasi 22 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat dan dinyatakan tidak lulus.
Pendaftar terbanyak kedua yakni Guru Kelas Pertama yang mencapai 442 orang, Nutrision Pelaksana 92 orang, Pranata Laboratorium Kesehatan Pelaksana 67 orang, Penyuluh Kesehatan Masyarakat 61 orang, Apoteker Pertama 51 orang, Dokter Gigi Pertama 28 orang, dan Dokter Pertama 20 orang.
“Proses penyampaian berkas dan verifikasi di BKD Gunungkidul akan kita layani hingga pukul 14.00 WIB tepat. Selebihnya persyaratan yang masuk sudah tidak kita terima,” ungkap dia.
Disinggung kapan tes dilaksanakan, Sigit belum bisa memastikan, menurutnya, jadwal tes akan disampaikan setelah adanya rapat koordinasi dengan BKD DIY. Pihaknya hanya bisa memastikan bahwa tes CPNS Gunungkidul 2014 akan dilaksanakan di AKAKOM Yogyakarta dengan sistem komputer.
“Jadwal Gunungkidul kemungkinan menunggu setelah Kulon Progo, dan Kota. Dengan jumlah pendaftar yang masuk kemungkinan besar, tes akan dilaksanakan satu hari selesai,” paparnya.
Dalam kesempatan tersebut, Sigit menghimbau kepada para pendaftar CPNS untuk tidak percaya dengan joki-joki yang menjanjikan dapat melulusakan atau menjamin bisa memasukan diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil. Dia berharap, para pendaftar percaya pada kemampuan diri masing-masing dan utamanya banyak belajar mengenai tes CPNS.
“Semuanya menggunakan sistem online. Jadi lembar jawab yang sudah selesai dikerjakan akan langsung kita tampilkan, kemungkinan kecurangan menggunakan sistem online ini sangat kecil, jadi lebih baik percaya diri,” harapnya. (Juju/Jjw).

Komentar

Komentar