Dua Toko Terbakar 350 Juta Hangus

oleh -
Toko yang berada di sebelah selatan Pasar Argosari terbakar. KH
iklan dispar
Toko yang berada di sebelah selatan Pasar Argosari terbakar. KH
Toko yang berada di sebelah selatan Pasar Argosari terbakar. KH

WONOSARI, (KH)— Kebakaran hebat kembali terjadi di komplek Pasar Argosari Wonosari. Setelah sebelumnya terjadi di sebelah barat pasar, kini si jago merah kembali mengamuk tepatnya di Padukuhan Ringinsari, Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari pada Jumat (05/08/2016) malam.

Meski tidak ada korban jiwa namun kerugian akibat kebakaran yang melalap dua toko dan satu warung Mie Ayam yang berada di sebelah selatan pasar ini ditaksir mencapai 350 juta. Pasalnya bangunan toko mengalami rusak berat serta barang dagangan di dalam toko ludes.

Kepala Unit Pemadam Kebakaran (Damkar) Gunungkidul, Diyono memaparkan, dua toko terbakar yakni toko Dua Lima milik Ucak warga Padukuhan Ringinsari serta toko Vanisa Roti milik Arif.

Diperkirakan, penyebab api cepat membesar lantaran adanya benda atau barang dagangan di dalam toko. Toko yang duduga menjadi titik awal munculnya api berisikan benda perabotan dan peralatan rumah tangga berbahan plastik yang mudah terbakar.

“Laporan dari warga bernama Kelik Triyono (38) sekitar pukul 11.50 WIB, anggota kami langsung kita kerahkan,” ujar Diyono.

Lanjutnya, Dengan mengandalkan tiga unit mobil pemadam kebakaran api berhasil dijinakkan, hingga benar-benar padam menghabiskan air sebanyak 6 tangki, Sedangkan upaya penanganan yang dilakukan membutuhkan waktu  sekitar dua jam.

“Satu mobil kita fungsikan sebagai pemutus rembetan api ke bangunan lain, kemudian dua lainnya menjinakkan titik pusat api,” terang Diyono menjelaskan kronologi upaya pemadaman.

Untuk menjangkau pusat api, sambung Diyono, anggota pemadam membuka dengan paksa pintu rolling door menggunakan kapak. “Toko memang dalam kondisi kosong ditnggal pemilik dan karyawan,” ungkap dia.

Mengenai penyebab kebakaran, untuk sementara waktu dia memprediksi penyebab kebakaran dikarenakan adanya hubungan pendek arus listrik. Dugaan ini muncul dikarenakan di dalam toko tidak ada aktivitas apapun. Mengenai hal ini Tim Inafis Polres Gunungkidul sedang mendalaminya, petugas mengambil beberapa barang bukti yang dicurigai sebagai pemicu awal kebakaran.

Pihaknya menghimbau kepada warga untuk waspada dan teliti terhadap berbagai hal yang dapat menyebabkan kebakaran. Terlebih apabila berada di lingkungan padat, karena selain merugikan diri sendiri juga sangat berpotensi merugikan orang lain, aktivitas yang berhubungan dengan api atau instalasi jaringan listrik harus seksama diperhatikan. (Kandar)

Komentar

Komentar