Dispar Gunungkidul Kembali Perpanjang Uji Coba Aktivitas Wisata Sebulan Penuh

oleh -
Petugas TPR Pantai Baron mengecek suhu tubuh wisatawan. (KH/Kandar)
iklan hut ri multazam

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul akan melakukan perpanjangan masa uji coba aktivitas wisata di Gunungkidul selama sebulan penuh. Uji Coba pembukaan selama Juli 2020 masih dilakukan untuk 4 destinasi wisata.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dispar, Harry Sukmono ketika dihubungi Selasa, (30/6/2020). Sebagaimana diketahui, hari ini merupakan hari terakhir uji coba pembukaan wisata tahap pertama.

“Uji coba ke dua dimulai 1 Juli dan akan selesai hingga akhir bulan. Masih terbatas 4 destinasi, Gua Kali Suci, Gunung Api Purba Nglanggeran, Pantai Baron dan Kukup,” terang Harry. Uji coba ini dilakukan menyesuaikan masa tanggap darurat COVID-19 di DIY.

Namun demikian, pihaknya memperbolehkan destinasi lain melakukan uji coba secara mandiri. Hanya saja kegiatan tersebut agar dikoordinasikan dan diberitahukan ke Dispar.

“Yang hendak uji coba mandiri agar melapor atau menyampaikan surat. Semua harus memenuhi ketentuan dalam Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan Dispar,” tegas Harry.

Untuk uji coba mandiri, Harry tandaskan, pengelola destinasi agar menyiapkan fasilitas dan SDM yang memadahi guna menunjang pencegahan COVID-19. Dispar sedapat mungkin akan melakukan pendampingan dalam tahap persiapannya.

Pihaknya mengakui ada beberapa destinasi yang sudah mengajukan permohonan untuk uji coba buka, yakni destinasi Geosite Ngingrong dan Gua Pindul.

Terpisah, Direktur BUMDes Maju Mandiri Bejiharjo, Saryanto mengklaim telah mengajukan permohonan uji coba.

“Pengajuan rekomendasi buka ke Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Gunungkidul,” kata Saryanto. (Kandar)

Komentar

Komentar