Dinsosnakertrans Gunungkidul Adakan Sosialisasi Transmigrasi

oleh -
iklan dispar
PANGGANG, kabarhandayani.– Pemerintah terus berupaya dalam hal peningkatan dan pemerataan pembangunan, salah satunya melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Dinsosnakertnas) Kabupaten Gunungkidul dengan program transmigrasi. Dinsosnakertrans hari ini, Kamis (5/6/2014) mengadakan sosialisasi ketransmigrasian kepada masyarakat Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang.
 
Hadir sebagai pembicara dalam acara ini Drs. Basuki selaku Kabid Transmigrasi Dinsosnakertrans Gunungkidul, berserta Ch. Emi Purwaningsih, S.E dan beberapa staf dari Dinsosnakertrans. Disampaikan Emi bahwa acara ini demi menarik animo masyarakat untuk mengikuti transmigrasi.
 
Emi menyampaikan bahwa tahun ini Gunungkidul akan memberangkatkan 18 Kepala Keluarga (KK) yang akan dibagi ke beberapa lokasi transmigrasi di pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan meliputi; Jebus, Bangka Barat, Propinsi Bangka Belitung, Gajah Mati, Oki, Propinsi Sumatra Selatan, dan Pulau Maya, Kalimantan Barat.
 
Emi menambahkan bahwa pendaftar sudah melampui kouta sehingga perlu adanya seleksi. “Pendaftar sudah mencapai 50 peserta, nanti akan diseleksi meliputi, administrasi, physik, psychologi khusus dan kompetensi” Katanya.
 
Sarjiyo,S.TP Kepala Desa Girimulyo dalam sambutannya mempersilahkan bagi warga yang ingin meningkatkan taraf hidupnya boleh mengikuti program transmigrasi tersebut. “Silahkan warga Girimulyo yang berminat silahkan mendaftar dan mengikuti prosedur, demi peningkatan kesejahteraan,” ucapnya.
 
Basuki menyampaikan bahwa peserta yang lolos seleksi akan diberi pelatihan di Balai Besar Latihan Ketransmigrasian (BBLK) selama kurang lebih seminggu, mengenai pertanian, perkebunan, juga peternakan sesuai potensi lokasi tujuan transmigrasi. Peserta juga dibekali alat-alat pertanian dan pertukangan, baru setelahnya diberangkatkan. (Kandar/Hfs

Komentar

Komentar