Desa Baleharjo Semarak Gelar Lomba Thoklik

oleh -
Salah satu penampilan peserta lomba Thoklik Desa Baleharjo. KH/ Edo
kadhung tresno
Salah satu penampilan peserta lomba Thoklik Desa Baleharjo. KH/ Edo
Salah satu penampilan peserta lomba Thoklik Desa Baleharjo. KH/ Edo

WONOSARI, (KH) –Dalam rangka memperingati bulan bakti gotong royong tahun 2016, Pemerintah Desa Baleharjo menggelar lomba ‘thoklik’ yang berlangsung di  komplek Balai Desa Baleharjo, Sabtu (7/5/2016) malam.

Kepala Desa Baleharjo, Agus Setiawan mengatakan bahwa lomba thoklik tahun 2016 ini digelar dua kali dalam satu tahun. Satu diantaranya untuk menyongsong bulan bakti gotong royong di bulan Mei ini. Sebanyak 30 regu telah siap menampilkan berbagai jenis kreasi musik thokliknya masing – masing dari masing-masing padukuhan.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Desa Baleharjo, khusus tahun ini lomba toklik digelar dua kali untuk menyongsong bulan bakti gotong royong dan memperingati HUT RI pada bulan Agustus besok,” Jelasnya saat ditemui KH disela-sela acara.

Selain itu, tujuan diadakannya lomba thoklik tersebut diantaranya untuk melestarikan budaya leluhur yang erat kaitanya dengan sistem keamanan lingkungan dan juga meningkatkan kerukunan warga serta mendorong warga melestarikan budaya jawa kedalam kegiatan bermasyarakat.

Agus Berharap, dengan digelarnya lomba thoklik ini, masyarakat dapat lebih meningkatkan siskamling dimasing-masing RT, sehingga  keamanan dan ketertiban selalu tercipta dilingkungan masyarakat.

“Harapan kami thoklik menjadi bagian dari ciri khas kebudayaan,” tambahnya. (Edo)

Komentar

Komentar