Cukup WA Saja! Urusan Plotting Tanah di Kantor Pertanahan Gunungkidul Beres

oleh -5383 Dilihat
oleh
Tanah
Kantor Pertanahan atau ATR/ BPN Gunungkidul. (KH/ Kandar)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Layanan Kantor Pertanahan Gunungkidul atau ATR/ BPN makin mudah diakses. Sebab, pelayanannya telah berbasis digital.

Salah satu layanan yang kini dapat diminta oleh masyarakat secara mudah yakni mengenai plotting atau penggambaran ulang tanah.

“Kami sebut layanan Plotting Si Gundul atau Plotting Validasi Online Gunungkidul. Masyarakat yang menginginkan cukup meminta via WA saja,” kata JF Survey Pemetaan Muda, Kantor Pertanahan Gunungkidul, Trigus Eko di Kantor Pertanahan Gunungkidul, Rabu (30/8/2023).

WA yang dipakai untuk melayani masyarakat di nomor 081390016005. Masyarakat bisa mengubungi kontak tersebut kemudian akan ada operator yang dibantu petugas lain segera melayani dengan cepat.

Selain gratis, banyak kemudahan dan perubahan setelah penerapan layanan digital dimulai pada 2022 lalu.

Beberapa kemudahan dan perubahan atas inovasi tersebut diantaranya pemohon tak perlu datang berulang kali ke Kantor Pertanahan. Pelayanan juga makin cepat dan efektif.

“Rata-rata jumlah plotting juga bertambah, rata-rata per hari bisa menyelesaikan 25 permohonan,” jelas Trigus.

Adapun syarat utama layanan Plotting tanah secara online tersebut mencakup scan sertifikat dan share location menggunakan gmap dan aplikasi lain mengenai titik koordinat bidang tanah.

Dia menerangkan, kegunaan plotting agar bidang tanah terpetakan. Untuk validasi lokasi, ukuran, bentuk dan statusnya. Misalnya saja setelahnya akan digunakan untuk penerbitan sertifikat tanah atau urusan jual beli.

“Jadi status tanah yang diplotting sudah clear and clean, tidak tumpang tindih dan terdapat sengketa,” kata Trigus lagi

Sejauh ini, sejak layanan diberlakukan setidaknya ada 9000-an bidang tanah telah diplotting.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kantor Pertanahan Gunungkidul, Asok Wicaksana berharap, masyarakat dapat memanfaatkan layanan tersebut. Sehingga nantinya semakin banyak tanah masyarakat yang telah diplotting. Dengan begitu basis data tanah yang dimiliki Kantor Pertanahan juga makin lengkap. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar