Bendung Gedangan, Sumber Pengairan Sawah Warga Gedangrejo

oleh -
Bendung Gedangan di Desa Gedangrejo Karangmojo. Foto: Hari.
iklan dispar
Bendung Gedangan di Desa Gedangrejo Karangmojo. Foto: Hari.
Bendung Gedangan di Desa Gedangrejo Karangmojo. Foto: Hari.

KARANGMOJO,(KH)— Bendung Gedangan menjadi sumber pengairan bagi pertanian sawah warga Desa Gedangrejo Kecamatan Karangmojo. Bendung tersebut mampu mengairi lahan sawah seluas sekitar 225 ha.

Suprapto, Plt Kades Gedangrejo, saat ditemui di Balai Desa Gedangrejo, Jum’at (10/4/15) mengatakan, bendungan tersebut sudah lama dibangun. Ia tidak ingat tahun pembangunannya, kira-kira dibangun pada jaman Presiden Soeharto.

Bangunan kantor yang berdiri di lokasi bendung, menurut Suprapto, dulunya dipakai untuk kantor petugas pengelola,  tetapi sekarang sudah tidak dipakai, karena pengelola berkantor di Wonosari. Informasi yang diterimanya, tahun ini rencananya akan ada perbaikan gedung yang sudah rusak.

Selain sebagai sumber pengairan warga, di seputar area Bendung Gedangan juga sering diadakan acara tradisi tahunan masyarakat Gedangrejo yaitu upacara Cing-Cing Goling. Acara ini biasanya diadakan setiap habis panen musim kedua. Untuk tahun ini, Suprapto menerangkan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Agustus 2015.

Upacara Cing-Cing Golingsudah dikenal luas, baik di lingkup Kabupaten Gunungkidul maupun dari daerah lain. Pemerintah Desa Gedangrejo bersama warga juga terus berusaha melestatikan tradisi tersebut.

“Bendung Gedangan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami bersama warga berusaha menjaganya dan juga melestarikan budaya yang ada di Bendung Gedangan,” pungkas Suprapto. (Hari)

Komentar

Komentar