Angga : Lebaran 2017, Daya Beli Masyarakat Melemah

oleh -
Ilustrasi daya beli masyarakat melemah, Sumber: Internet.
iklan dispar
Ilustrasi daya beli masyarakat melemah, Sumber: Internet.

NGAWEN, (KH),– Angga Wicaksana salah satu anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) selaku pengelola dari Tinuk Swalayan yang beralamatkan di depan pasar Sambeng, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul mengatakan bahwa hampir semua perusahaan retail mengeluhkan turunya daya beli masyarakat pada lebaran tahun ini. Penjualan berbagai produk, kata dia, jauh menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Ukuranya memang pada saat Hari Raya Idul Fitri. Hampir semua pengusaha mengeluh ada penurunan yang cukup signifikan dibanding tahun lalu,” kata Angga di Sambeng, Ngawen, Gunungkidul, Selasa, (1/7/2017).

Angga mencontohkan, untuk penjualan kebutuhan hari raya seperti gula dan roti, turun hingga 20 persen dibanding tahun lalu. “ini baru pertama kalinya mengalami drop,” keluh Angga.

Turunya daya beli, menurut Angga, terjadi karena menyusutnya tenaga kerja formal, berkurangnya hasil panen para petani di sambeng dan tingginya harga kebutuhan pokok.

“Sekarang ini tingkat pengangguran tinggi, secara otomatis mereka mengurangi pengeluaran keuangannya. Saya kira pemerintah pusat harus memikirkan ini agar daya beli semakin membaik,” ujarnya. (Kandar)

Komentar

Komentar