Aneka Tahu Rasa Pepenk Coba Peruntungan di Tengah Naiknya Animo Belanja Online

oleh -
tahu
Pembuatan tahu rasa di rumah Pepenk. (dok. Irfan)

KLATEN, (KH),– Minat masyarakat berbenja online meningkat belakangan ini. Kenaikan yang signifikan juga disebabkan karena Pandemi COVID-19. Sebagaimana diketahui, Sejak virus corona (COVID-19) merebak dan meluas hampir ke seluruh penjuru dunia, aktivitas masyarakat menjadi terhambat. Kenyataan tersebut telah mampu merubah pola kebiasaan masyarakat dalam berbelanja untuk memenuhi aneka kebutuhan.

Naiknya animo berbelanja online tersebut disambut oleh pelaku UMKM. Salah satunya dilakukan oleh Pepenk, pembuat Tahu Rasa warga Dukuh Dengok Kulon, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Lelaki dengan nama aseli Kartopo ini membuat olahan tahu dengan berbagai rasa memanfaatkan bahan baku kedelai impor. Ia memastikan, tahu yang dibuat sama sekali tidak menggunakan pengawet dan zat pemutih.

“Jika dibuat dengan kedelai lokal kuang maksimal, karena tahu kurang padat,” kata suami Etik Herawati. SE ini saat ditemui beberapa waktu lalu.

Pepenk memproduksi empat varian rasa, diantaranya rasa original, gurih, keju dan pedas. Dalam pemasaran tahu dikemas dalam dua jenis kemasan. Untuk kemasan plastik dengan rasa original isi 6 tahu harganya Rp3.500, rasa gurih/bawang Rp4.500 dan untuk rasa keju dan rasa pedas Rp5.000,00.

Selanjutnya, lanjut Pepenk, untuk tahu kemasan box si 12, rasa original harganya Rp9.000, rasa gurih bawang Rp11.000 serta rasa keju dan pedas Rp13.000.

“Kami pasarakan untuk sementara ini di sekitar Prambanan. Kami mendapat dukungan promosi oleh beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Klaten,” terang Pepenk.

Untuk menaikkan omset yang sebelumnya turun akibat terdampak pandemi, Pepenk juga mencoba peruntungan dengan menawarkan produk olahannya secara online melalui medsos. Perlahan pasar tahu dengan skema penjualan online di medsos yang ia bangun terbentuk. Setiap hari ia punya agenda keliling COD tahu rasa.

“Dalam rangka pemasaran online saya sering membuat promo agar daya jangkau pasar tahu rasa dikenal lebih luas lagi,” harap dia.

Pepenk menambahkan, saat omset menurun beberapa bulan lalu akibat penerapan PPKM, ia berusaha mengatur jumlah produksi. Tujuannya, agar jangan sampai ada tahu tersisa tidak terjual.

Bagi warga Klaten dan di manapun berada, yang berminat untuk membeli tahu rasa bisa menghubungi Pepenk di nomor HP 08122768815 atau datang langsung di UD Mas Pepenk di Dukuh Dengok Kulon, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten.

Penulis: Irfan Kuswanto (Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar