5 Ribu Warga Saptosari Terima Bantuan Beras

oleh -3768 Dilihat
oleh
saptosari
Warga saptosari terima bantuan beras. (ist/ dok. Dinas Kominfo Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Ribuan warga Kapanewon Saptosari, Gunungkidul menerima bantuan beras, Selasa (19/9/2023). Bantuan tersebut bersumber dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) guna membantu masyarakat kurang mampu di seluruh Kabupaten Gunungkidul.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut. Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah tahap II Tahun 2023 itu menyasar masyarakat di 7 Kalurahan yang berada di Kapanewon Saptosari

“Manfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya, yakni untuk keperluan konsumsi sehari-hari, dan bukan untuk disimpan atau dijual,” pesan Sunaryanta disela penyerahan.

Momentum penyaluran bantuan tahap II dinilai sangat tepat, sebab, musim tanam hingga panen masih cukup lama. Terlebih belakangan lonjakan harga beras di beberapa pasar Gunungkidul sedang terjadi.

“Saya berharap bantuan ini memberikan semangat kepada masyarakat untuk terus berusaha demi kesejahteraan keluarga masing-masing,” harapnya.

Dia merinci, alokasi bantuan yang diterima oleh Kapanewon Saptosari, yaitu sebanyak 5.687 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Adapun alokasi tiap kalurahan jumlahnya berbeda. Kalurahan Jetis sebanyak 676 KPM, Kanigoro 1.072 KPM, Kepek 880 KPM, Krambilsawit 916 KPM, Monggol 710 KPM, Ngloro 457 KPM, dan Planjan 976 KPM.

“Rencana selanjutnya, penyaluran bantuan serupa akan dilakukan pada bulan Oktober dan November. Kami berharap distribusi berjalan lancar tanpa kendala,” tuturnya.

Salah satu penerima manfaat asal Jetis, Kamiyem (54) mengungkapkan, bantuan yang diberikan sangat membantu pemenuhan kebutuhan bahan pangan pokok bagi keluarganya.

“Kami berharap jumlah bantuan bisa ditingkatkan dari 10 kilogram menjadi 25 kilogram. Semoga harapan ini bisa terwujud,” ujarnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar