Warga Siraman Berharap Desanya Raih Juara

oleh -
Desa Siraman Kecamatan Wonosari. Foto: Atmaja.
kadhung tresno
Desa Siraman Kecamatan Wonosari. Foto: Atmaja.
Desa Siraman Kecamatan Wonosari. Foto: Atmaja.

WONOSARI,(KH) — Masyarakat Desa Siraman Kecamatan Wonosari begitu antusias dalam memperindah desa. Hal ini dilakukan warga terkait dengan keikutsertaan Desa Siraman dalam 6 besar peserta Lomba Desa tingkat Kabupaten.

Mulai dari pintu masuk yang berada tidak jauh dari Taman Pancuran Indah, setiap rumah warga diperindah dengan pemasangan pagar yang warna dan bentuknya seragam. “Warga sangat antusias agar Desa Siraman dapat bersaing semaksimal mungkin pada putaran 6 besar Lomba Desa,” ucap Kades Siraman Tugiman.

Ia mengatakan, lomba desa membawa dampak positif kesadaran warga pada desa. Terbukti dengan kebersihan dan keindahan desa yang terus dijaga dengan baik.

“Terdapat tiga komitmen yang telah disepakati bersama masyarakat, yakni kebersihan, kerapian, keindahan. Pihak Pemerintah Desa juga tidak mengharuskan seluruh masyarakat untuk memasang pagar pada setiap rumah warga,” jelasnya.

Ia menambahkan, tidak ada keharusan bagi warga untuk memasang pagar dengan tugu. Pada kenyataannya, warga membuat berbagai kreasi seperti pahatan dari batu putih maupun pagar dari bambu.

“Yang menjadi kesepakatan, tugu yang ada di sekitar rumah warga dicat dengan warna biru,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan warna biru bukan sebuah simbol, tetapi hanya untuk menyamakan warna pagar agar terlihat lebih rapi dan seragam. “Dengan antusiasme warga yang cukup baik, harapnya Desa Siraman mampu menjadi juara pada lomba desa,” pungkas Tugiman.(Atmaja).

Komentar

Komentar