Tigapuluh Warga Gunungkidul Terima Bantuan Stimulan Pembangunan Rumah

oleh -
Rumah
Penyerahan bantuan stimulan rumah tidak layak huni. (dok. Humas Kominfo Gunungkidul)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Sebanyak 30 warga Gunungkidul menerima Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS). Bantuan berasal dari Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRKP) Gunungkidul.

Kepala PUPRKP Gunungkidul Irawan Jatmiko menyampaikan, Kepala PUPRKP Gunungkidul Irawan Jatmiko menyampaikan, bantuan berasal dari Dana Alokasi Khusus.

“Jumlah 30 penerima bantuan terdiri dari 15 orang dari Kalurahan Kepek dan 15 orang Kalurahan Selang,” kata Irawan disela penyerahan di ruang Handayani Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Gunungkidul, Rabu (27/07/2022).

Adapun setiap KK menerima sejumlah Rp35 juta. Sumber dananya sejumlah Rp20 juta dari Dana Alokasi Khusus dan Rp15 juta dari APBD Gunungkidul.

“Dana tersebut nanti bisa untuk merenovasi rumah agar layak huni. Mengenai proses pelaksaan pembangunan disediakan waktu 8 bulan,” terang Irawan.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta turut hadir dan menyerahkan langsung secara simbolis Bantuan Stimulan Rumah Swadaya (BSRS) kepada perwakilan penerima.

“Semoga bantuan ini tepat sasaran dan dapat digunakan semaksimal mungkin oleh penerima,” harap dia.

Dia mengungkapkan, selama tahun 2022 Pemkab Gunungkidul telah menyalurkan bantuan perbaikan kepada 400 KK. Selain itu juga mendapat bantuan dari Pemerintah D. I. Yogyakarta sebanyak 143 KK untuk peningkatan kualitas rumah dan 23 unit untuk bangunan baru.

Dari Kementrian PUPR pusat juga menyalurkan 63 unit peningkatan kualitas bangunan dan rencananya akan ditambah tahun ini sebanyak 600 unit.

“Ini perhatian pemerintah, ada 1200 lagi yang akan dibantu oleh pemerintah dalam rangka intervensi pengentasan kemiskinan,” tuturnya. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar