SMPN 3 Nglipar Diresmikan Menjadi Sekolah Siaga Bencana

oleh -
Rangkaian kegiatan peresmian SMPN 3 Nglipar menjadi SSB. KH/ Edo
iklan dispar
Rangkaian kegiatan peresmian SMPN 3 Nglipar menjadi SSB. KH/ Edo
Simulasi bencana sebagai rangkaian pada kegiatan peresmian SMPN 3 Nglipar menjadi SSB. KH/ Edo

NGLIPAR, (KH)— Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Nglipar diresmikan menjadi Sekolah Siaga Bencana (SSB). Pada acara peresmian yang dilakukan oleh Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi ini dihadiri Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) DIY.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD DIY Heri Siswanto mengatakan, bahwa sekolah perlu disiapkan untuk tanggap terhadap bencana, terlebih posisinya yang berada di daerah rawan. Sekolah merupakan wadah yang tepat untuk menyambung informasi mengenai kesiapsiagaan bencana, khususnya menanamkan sejak dini akan kesiapan terhadap bencana.

“Sebagai SSB, materi tentang kebencanaan dapat dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan agar mampu menciptakan manusia yang tangguh dalam menyikapi lingkungannya,” Jelasnya saat ditemui KH setelah menyampaikan sambutan, Rabu (25/5/2016).

Kerawanan bencana di wilayan ini, perlu diperhatikan khusnya tanah longsor dan bencana banjir. Oleh sebab itu, selain menjadi program dari pemerintah, hal ini karena SMP N 3 Nglipar letaknya berada di Desa Siaga Bencana.

Heri Siswanto menambahkan,  siswa sangat perlu diberi pemahaman dan pembinaan terhadap bagaimana cara penanggulangan dan mitigasi bencana.

“Mitigasi bencana harus menjadi bagian dari budaya dan kearifan lokal masyarakat, oleh karena itu pembinaan , pelatihan dan cara penanggulangan bencana harus dimulai sejak dini,” Tambahnya.

Dalam acara ini, pihaknya menyampaikan beberapa pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan dengan membentuk tim siaga darurat sekolah dan pemberian peralatan untuk mendukung keberlangsungan SSB.

Acara yang dilaksanakan di halaman sekolah setempat dihadiri oleh perwakilan dari berbagai instansi, di antaranya, Muspida, Muspika, Camat, Kepala Desa, dan para tamu undangan. (Edo)

Komentar

Komentar