Sampai Di TPR Pantai, Ratusan Wisatawan Diminta Putar Balik

oleh -
Petugas TPR dan Polisi menghadang wisatawan yang hendak masuk ke Pantai. (istimewa)
iklan dispar

GUNUNGKIDUL, (KH),– Khalayak sangat menginginkan kawasan destinasi wisata pantai di Gunungkidul segera dibuka untuk kunjungan. Hal ini nampak dari banyaknya kendaraan yang datang pada Minggu, (14/6/2020).

Jumlah kendaraan wisatawan yang tiba di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) sebelum memasuki pantai, sebagaimana dikatakan Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Hary Sukmono, mencapai ratusan.

“Namun karena belum dibuka kendaraan wisatawan baik roda dua maupun roda empat tetap diminta putar balik,” kata dia ketika dihubungi melalui telepon.

Pihaknya meminta wisatawan dari berbagai daerah untuk bersabar. Sebentar lagi tepatnya Rabu, (17/6) mendatang kawasan pantai baru akan dilakukan simulasi kunjungan.

Simulasi, lanjut dia, masih terbatas di dua pantai, yakni Pantai Baron dan Kukup. Sebelum  benar-benardibuka pihaknya bersama masyarakat, TNI dan Polri masih akan terus menghalau wisatawan yang hendak masuk di kawasan pantai.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti mengungkapkan, pembukaan pantai dalam tahap uji coba untuk dikunjungi wisatawan baru akan dilakukan pada tanggal 22 Juni mendatang. Itupun hanya untuk dua pantai yang dijadikan simulasi.

Selain dua pantai itu, dua destinasi wisata lain yang akan dibuka untuk uji coba yakni cave tubing Gua Kali Suci dan Gunung Api Purba Nglanggeran.

“Simulasi, uji coba hingga benar-benar dibuka diwajibkan menjalankan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penularan COVID-19. Sehingga tidak muncul klaster baru di destinasi wisata,” tandas Asti. (Kandar)

Komentar

Komentar