Ratusan Pasien Nyoblos di 6 Rumah Sakit

oleh -
kadhung tresno

WONOSARI, kabarhandayani.– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) keliling di enam rumah sakit di Gunungkidul untuk memberikan kemudahan kepada para pasien dalam menggunakan hak pilihnya.

Rumah sakit yang didatangi TPS keliling antara lain, RSUD Wonosari,  RSU Pelita Husada Semanu, RS Nur Rohmah Playen, RS Bethesda Selang, RS Panti Rahayu Kelor dan PKU Muhammadiyah Piyaman.

Ketua KPU Gunungkidul Muh. Zaenuri Ikhsan mengatakan, TPS terdekat dengan rumah sakit yang diarahkan untuk berkeliling di 6 rumah sakit tersebut. Dia memaparkan untuk RSUD Wonosari terdapat 165 pemilih yang akan didatangi oleh TPS 19, TPS 21 dan TPS 22 Desa Wonosari.

Sementara untuk RSU Pelita Husada terdapat 25 pemilih yang akan didatangi dari TPS 04 Desa Semanu, RS Nur Rohmah dengan 24 pemilih menggunakan TPS 05 Desa Bandung. RS Bethesda Selang dari TPS 03 Desa Selang, PKU Muhammadiyah Piyaman dari TPS 08 Desa Piyaman dan RS Panti Rahayu Kelor dengan 31 pemilih, TPS  didatangkan dari TPS 01 Desa Kelor.

“Kita menjamin hak pasien untuk menyalurkan hak pilihnya meskipun sedang berada di rumah sakit. Petugas telah berkeliling ke enam rumah sakit mulai pukul 11.00 WIB,” katanya.

Pantauan di RSUD Wonosari, petugas dari  TPS 19, TPS 21 dan TPS 22 Desa Wonosari, mendatangi pasien dari satu kamar ke kamar lainya. Tiga TPS keliling tersebut membawa 3 kotak suara dan dikawal oleh 1 linmas.

Anggota KPPS TPS 21 Wonosari Sularno mengatakan, kerahasiaan pasien dalam menentukan pilihan dipastikan terjamin. Sebab, saat pasien melakukan pencoblosan, anggota KPPS berada di luar ruangan dan pintu dalam keadaan terkunci. “Kita menjamin kerahasiaann pasien,” pungkasnya. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar