Penyelesaian Pembangunan Jalan Menuju Pantai Ngrenehan Habiskan Rp. 34 Miliar

oleh -
Jalur wisata dari Desa Kepek Saptosari menuju Pantai Ngrenehan. (KH/ Kandar)
iklan hut ri multazam

GUNUNGKIDUL, (KH),– Jalur wisata menuju kawasan pantai di Kecamatan Saptosari, Gunungkidul segera dirampungkan pengerjaannya. Akses jalan yang menghubungkan ruas Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) hingga menuju kawasan Pantai Ngobaran, Ngrenehan dan Nguyahan itu ditarget selesai tahun ini.

“Total anggaran untuk menyelesaikan pembangunan akses wisata di Desa Kanigoro, Saptosari ini akan menghabiskan dana sekitar Rp. 34 Miliar,” kata Kepala Seksi Pemeliharaan, Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Wadiyana, Kamis, (20/2/2020).

Lebih jauh disampaikan, meski hanya satu jalur yang dikerjakan, namun akan dilaksanakan dengan dua paket lelang. Sebab, keseluruhan dana tersebut berasal dari dua sumber berbeda.

“Dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang pertanggungjawabannya ke pusat sekitar Rp. 22 miliar dan dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang pertanggungjawabannya ke Pemkab mencapai Rp. 12 miliar,” rinci Wadiyana.

Sementara itu, Kepala DPUPRKP Gunungkidul, Eddy Praptono menambahkan, jalur yang dibangun dari Desa Kepek, Saptosari ke selatan hingga pantai itu merupakan program prioritas. Diharapkan, setelah jalur wisata menjadi lebih lebar dan memadai dapat mendongkrak pengembangan pariwisata.

“Saat ini sebagian sudah dikerjakan. Jalur yang belum terbangun sangat sempit dan banyak tikungan,” terang Eddy.

Sebelumnya, dengan kondisi jalan yang sempit, imbuh Eddy, praktis bus-bus pariwisata berukuran besar tidak bisa masuk. (Kandar)

Komentar

Komentar