Guyub Rukun Antar Paguyuban

oleh -
Daru (kedua dari kiri) bersama anggota paguyupan yang berasal dari Gunungkidul. Foto Agus.
iklan dispar
Daru (kedua dari kiri) bersama anggota paguyupan yang berasal dari Gunungkidul. Foto Agus.
Daru (kedua dari kiri) bersama anggota paguyuban yang berasal dari Gunungkidul. Foto Agus.

JAKARTA, (KH) — Perayaan HUT IKG memberikan dampak positif bagi solidaritas dan kerukunan antar paguyuban Gunungkidul di Jabodetabek. Hal ini terlihat ketika beberapa paguyuban antusias untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Seperti Ikatan Anak Rantau Gunungkidul (IKARAGIL), salah satu paguyuban perantau asal Gunungkidul yang ikut berpartisipasi dalam bentuk memberikan bantuan pada acara IKG tersebut. Partisipasi tersebut sebagai bentuk solidaritas bagi sesama perantau Gunungkidul.

Ketua Umum Ikaragil, Daru menyampaikan, agar keharmonisan dan persaudaraan paguyuban warga Gunungkidul yang berada di luar daerah, bisa terjaga dengan baik. Selain itu, rasa gorong royong warga Gunungkidul yang berada di perantauan tetap dipelihara.

Sebagaimana ketika kita masih berada di daerah yang guyub rukun dan saling membantu, maka Ikaragil sepakat tetap memelihara rasa gotong royong, agar label warga Gunungkidul yang senang membantu tidak hilang.

“Mempersatukan pandangan demi memajukan daerah asal, diharapkan mampu menjadi satu tujuan antar paguyuban,” ucapnya Senin (19/01/2015).

Lebih lanjut Daru menambahkan, Ikaragil memang selalu memberikan bantuan, meskipun hanya berupa bantuan tenaga, semangat kekeluargaan untuk membantu, menjadi landasan utama menjalin persaudaraan dengan sesama perantau.

“Beberapa anggota Ikaragil ada yang tidak masuk kerja, demi ikut mensukseskan acara yang memberi kesan positif Gunungkidul di luar daerah,” imbuh Daru.

Sementara itu, Wardono Ketua Korwil Ikaragil Tangerang Selatan yang ditemui KH ketika sedang bertugas di SMK 57 Jakarta, Sabtu (17/1/2015) mengatakan, dengan adanya bentuk gotong royong sesama warga Gunungkidul memberikan efek positif kepada masyarakat kota. “Harapannya semua paguyuban dapat mengedepankan kemajuan Kabupaten Gunungkidul,” tandas Wardono.

Beberapa anggota Ikaragil telah membantu IKG sejak Jumat (16/1/2015). Di bawah koordinasi IKG, Ikaragil melibatkan anggotanya sebagai panitia membantu persiapan penyambutan kedatangan rombongan tamu dari Gunungkidul. Rombongan tamu yang terdiri para kades menginap Wisma Lembaga Mutu Pendidikan (LPMP) Jl. Nangka No. 60 Tanjung Barat, Jakarta Selatan dan rombongan yang terdiri dari camat menginap di Wisma SMK 57 Ragunan, Jakarta Selatan. (Atmaja)

Komentar

Komentar