Gejok Lesung Jampi Puyeng Sumberjo Ngawu Melestarikan Seni Budaya

oleh -
Jampi Puyeng beraksi. Foto : Sarwo
kadhung tresno
Jampi Puyeng beraksi. Foto : Sarwo
Jampi Puyeng beraksi. Foto : Sarwo

PLAYEN,(KH) — Ibu-ibu Sumberjo Ngawu kecamatan Playen dengan semangat melestarikan seni budaya gejok lesung. Ibu ibu tersebut membentuk kelompok yang diberi nama Gejok Lesung Jampi Puyeng.

Gejok lesung Jampi Puyeng diketuai Ny Maryadi, pelatih Ny Rubinem, dengan anggota yang terdiri dari 6 pemegang Alu (alat untuk Nutu Pari / kayu penumbuk padi), Ny Maryadi, Ny Suminten, Ny Jiyem, Ny Jenal, Ny Martinah, dan Ny Supriyati. Sedang penyanyinya ada 10 ibu-ibu yang dipimpin ny Rubinem.

Minggu pagi (12/04) Grup Gejok Lesung Jampi Puyeng Sumberjo mendapat kesempatan pentas di depan Bupati Gunungkidul, Hj. Badingah S. Sos yang memimpin senam minggu sehat di halaman kios Kecamatan Playen.

Gejok Lesung Jampi Puyeng Sumberjo siap melantukan lagu-lagu campursari, dan dhangdhutan. Lagu yang dipentaskan di depan Bupati, Prau Layar, Jampi Puyeng dan Getuk. ”Sebetulnya lagu apa saja bisa mas. tapi, karena hanya diberikan waktu untuk 3 lagu, ya itulah Gejok Lesung Jampi Puyeng Sumberjo.” kata Rubinem di damping Ny Maryadi.

Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S. Sos menyambut gembira tampilnya Gejok Lesung Jampi Puyeng Sumberjo. ”Ya, dari pada puyeng (mumet), lebih baik berkesenian agar tidak mudah stres. Dan, dengan Gejok badan menjadi bugar, sehat,” Kata Hj. Badingah S. Sos memberi semangat ibu-ibu Sumberjo desa Ngawu. Bupati mengajak ibu-ibu foto bersama untuk kenang-kenangan.(Sarwo)

Komentar

Komentar