Sinergi YWMI – MAA Internasional – UGK Bantu Pipanisasi Air Besih Desa Genjahan

oleh -
Pipanisasi di Desa Genjahan Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul oleh YWMI - MAA Internasional - UGK. (KH)
iklan dispar

PONJONG, (KH),– Yayasan Wahana Mandiri Indonesia (YWMI), Moslem Aid Australia (MAA) Internasional dan Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Gunung Kidul (UGK) bersinergi dalam Pelaksanakan Program Bantuan Pembangunan Instalasi Air Bersih yakni Pipanisasi di Desa Genjahan Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul.

Bantuan pipanisasi air bersih merupakan salah satu bagian dari Program Air Bersih dan Sanitasi yang notabene adalah program rutin YWMI dan MAA Internasional. Namun pada implementasi di Desa Genjahan, YWMI dan MAA Internasional berkolaborasi dengan Tim Pengabdian UGK.

YWMI diwakili oleh Marwanto,S.E bersama dengan tim pengabdian masyarakat UGK melakukan survei lapangan di Desa Genjahan pada Kamis, 12 Maret 2020 lalu. Survei dilakukan di dua dusun calon penerima bantuan pipanisasi yakni Dusun Kerjo I dan Dusun Genjahan.

Peninjauan ini dimaksudkan untuk mengecek secara langsung bagaimana potensi sumber air dan kebutuhan akan pembuatan saluran Sambungan Rumah (SR). Pada saat yang sama pula YWMI dan MAA Internasional juga memberikan pohon kepada warga Genjahan untuk ditanam di area sumber air sebagai pohon konservasi.

Septiono Eko Bawono, S.T., M.Sc., M. Eng., selaku perwakilan Tim Pengabdian UGK mengatakan, keikutsertaan UGK dalam kolaborasi Program Bantuan Pipanisasi merupakan komitmen UGK untuk berperan serta meningkatkan kualitas kesehatan dan kehidupan masyarakat Gunungkidul khususnya Desa Genjahan.

Perwakilan Desa Genjahan, Widodo menyambut baik atas inisiasi Program Pipanisasi Air Bersih tersebut dan berterima kasih kepada YWMI dan MAA Internasional serta UGK yang telah melaksanakan survei lapangan di Desa Genjahan.

“Besar harapan agar seluruh tahapan program ini dapat terlaksana dengan baik sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” harap Widodo.

Menurutnya, instalasi dan sarana air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting untuk dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup masyarakat. (Kandar)

Komentar

Komentar