Gelombang Tinggi Sebabkan Abrasi Di Pantai Baron

oleh -

TANJUNGSARI, kabarhandayani.– Tingginya gelombang yang menerjang kawasan Pantai Selatan Gunungkiduil menyebabkan abrasi di Pantai Baron. Gelombang tinggi hingga 17 feet atau 5 meter tersebut juga menyebabkan lima warung makan yang berada di pinggiran hilang ditelan ombak.

Pantauan di Pantai Baron, Tanjungsari, Jumat (11/7/2014). Pasir yang berada di bibir pantai terkikis hingga hampir 1,5 meter. Akibatnya, puluhan kapal nelayan terpaksa harus diungsikan menjauhi bibir pantai. Dengan melihat kondisi angin, kemungkinan besar abrasi yang terjadi di Pantai Baron akan semakin parah.

“Keadaan gelombang tinggi sudah terjadi sejak Kamis malam (10/7/2014), pagi tadi tinggi gelombang justru meningkat hingga mencapai ketinggian 5 meter,” ujar Marjono saat melakukan pemantauan di Posko SAR.

Saiman salah satu pedagang menambahkan, akibat tingginya gelombang tersebut, nelayan setempat memutuskan untuk menghentikan aktivitsnya sementara hingga keadaan laut dinyatakan aman. Menurutnya, abrasi yang terjadi dapat membahayakan pedagang yang masih nekat berjualan di bibir pantai.

Terpisah, Kepala BPBD Gunungkidul Budhi Harjo mengakui telah mengintruksikan Anggota Search And Rescue (SAR) yang bertugas di Pantai Baron untuk melakukan penjagaan. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kerugian akibat kejadian tersebut. “Himbauan terus kita berikan kepada nelayan dan wisatawan,” paparnya. (Juju/Hfs)

Komentar

Komentar