Durian Kencana Rukmi Dijadikan Bibit Unggulan

oleh -
iklan dispar

PATUK, kabarhandayani.– Durian Kencana Rukmi merupakan salah satu durian varietas unggul dan diminati oleh para pecinta durian baik di Gunungkidul maupun luar Gunungkidul. Salah satu pembibitan durian ini terletak di Padukuhan Kepil, Putat, Gunungkidul milik Kardiman (60).

Basuki (35) selaku pengelola pembibitan ini menjelaskan, durian Kencana Rukmi sudah disertifikasi pada Juni 2012 untuk dapat diperbanyak dengan induknya yang terletak di belakang rumah dan sejak tahun 2013 Ia sudah menyuplai bibit durian Kencana Rukmi di daerah lokal Gunungkidul. “Durian Kencana Rukmi asli dari Padukuhan Kepil, letak bibit induknya ada di belakang rumah,” ungkap Basuki pada Senin (23/6/2014).

Basuki mepaparkan, pembibitan ini dilakukan dengan cara okulasi. Okulasi adalah salah satu teknik perbaikan kualitas tanaman secara vegetatif buatan yang dilakukan dengan menempelkan mata tunas dari tanaman yang unggul ke batang tanaman lainnya. Cara okulasi dipilih dengan alasan tanaman akan cepat berbuah dan kualitasnya sama dengan induknya. Pasalnya, okulasi merupakan penggabungan dua sifat unggul tanaman yakni sifat unggul batang bawah yang akarnya kuat dan sifat unggul dari tanaman yang buahnya lebat. Waktu untuk melakukan pembibitan dengan okulasi pun lebih efektif dan setiap saat bisa dilakukan tanpa menunggu musim buah dengan mengambil bijinya.

Menurut keterangan Basuki, sekali pembibitan mampu membibitkan 5 hingga 6 ribu bibit dengan kemungkinan berhasil 80 %. Para pembeli akan ramai di bulan November dan Desember karena mendekati musim hujan dengan harga bibit dibandrol sekitar Rp 70.000,00 hingga Rp 75.000,00.

“Pembibitan ini sudah dirintis sejak tahun 1985 namun untuk tanaman melinjo. Sedangkan untuk bibit buah durian unggulan baru sejak 2013 jadi hasilnya belum menentu. Karena masih awal pembibitan, hasilnya belum menentu,” jelasnya.

Basuki menjelaskan, pembibitan di atas lahan seluas 1 hektar ini terkendala jamur ketika musim penghujan tiba karena rentan dengan jamur. Bersama 6 rekan temannya, ia merawat bibit-bibit ini dengan telaten. Pembibitan membutuhkan ketelatenan dengan penyiraman 1 kali sehari dan harus diberi peneduh agar tidak terkena langsung sinar matahari serta terlindung dari air hujan karena rentan jamur.

Selain pembibitan durian Kencana Rukmi, ia juga memperbanyak bibit durian berjenis petruk, kani, sunan, buah kelengkeng dengan berbagai macam jenis seperti hawai, diamon, Kristalik, surikaya, alpukat dan manggis. “Memang visi kami dari awal adalah memproduksi bibit unggulan. Sehingga kami mengusahakan untuk memproduksi bibit dengan cara yang terbaik,” jelasnya. (Mutiya/Hfs)

Komentar

Komentar