Air Terjun Indah Tegalrejo , Pesona Tersembunyi di Ujung Timur Gunungkidul

oleh -
iklan dispar

air terjun indah tegalrejo

WONOSARI, (KH) – Satu lagi keindahan gunungkidul yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Letaknya yang berada di sudut timur gunungkidul dan terpisah dari jalur wisata utama membuat air terjun ini masih sepi pengunjung. Air terjun ini berada di Padukuhan Tegalrejo, tepatnya di Desa Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

Air terjun ini disebut juga air terjun bayat karena terletak dekat dengan Kecamatan Bayat klaten. Untuk menuju Air terjun tersebut dapat ditempuh melalui rute dari Yogyakarta – Prambanan – Srowot – Wedi – Bayat. Walaupun akses untuk sampai ke air terjun ini tidak mudah, pengunjung tidak kecewa setelah melihat pesona yang ditawarkan. Seperti yang diungkapkan oleh Anggita salah satu pengunjung yang ditemui KH saat sedang menikmati keindahan curug ini.

“Tadi jalannya banyak yang rusak dan menuju ke air terjun ini harus jalan kaki 10 menit dengan medan yang menurun tajam. Tapi, tidak masalah buat saya, karena memang air terjun ini sangat mempesona dan masih asri sekali,” tuturnya.

Air terjun Indah Tegalrejo memiliki banyak air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda. Di bawahnya terdapat kolam yang bisa digunakan untuk mandi atau hanya sekadar bermain air. Tebing-tebing bebatuan di sekitar air terjun dapat dipanjat dengan mudah, karena tidak licin. Banyak pengunjung yang memanjat tebing tersebut untuk mengambil gambar. Ada juga pengunjung yang mengunakannya sebagai pijakan agar dapat melompat dari atas.

Potensi air terjun ini begitu besar, namun belum dikelola secara serius oleh masyarakat setempat, sehingga fasilitas seperti kamar mandi dan tempat sampah tidak ada di air terjun ini.

“Air terjun ini memang bagus dan indah seperti namanya Air Terjun Indah. Namun, sepertinya belum ada pengelolaan yang serius. Tadi saja saya kaget dan bingung mau parkir di mana, karena tempat parkirnya sempit yang sudah diaspal. Di sini juga tidak dipungut biaya masuk,” tutur Rima salah satu pengunjung yang ditemui KH di area parkir curug Indah. (Ulfah Nur Azizah)

Komentar

Komentar