Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Produk Somethinc

oleh -
somethinc
Aneka produk Somethinc. (istimewa)

KABARHANDAYANI.COM,– Somethinc merupakan salah satu produk lokal yang namanya sedang naik daun akhir-akhir ini. Produk-produk Somethinc yang mulai muncul di pasaran sejak tahun 2019, sekarang menjadi salah satu produk Indonesia yang mendapatkan banyak ulasan baik dari para beauty vlogger maupun beauty influencer. Somethinc fokus memproduksi produk-produk makeup dan skincare dengan kualitas yang boleh diadu dengan merek-merek luar negeri yang sudah lebih dulu tersohor.

Somethinc dengan bekal kualitas skala internasional dan sertifikat halal ini sekarang sudah memiliki banyak sekali varian produk yang bisa dipilih, mulai dari serum, concentrated gel untuk mata, cushion, masker, toner, mascara, eyeshadow, sampai lipstick. Seluruh produk mereka bisa dibeli lewat e-commerce Shopee, Lazada, dan sebagainya. Somethinc juga sudah memiliki situs toko daring pribadi yang sekarang sudah bisa dipesan dari luar negeri juga.

Keunggulan dari produk-produk Somethinc tentunya dari segi harga yang sangat terjangkau bagi berbagai kalangan, termasuk kalangan remaja yang masih mengandalkan uang jajan dari orang tuanya. Selain itu, adanya sertifikat halal menjadi salah satu “senjata” andalan Somethinc dalam meraup pembeli dari Indonesia yang mayoritas penduduknya Islam.

Selain itu produk-produk Somethinc diklaim sebagai yang paling baik dan paling aman digunakan bagi semua jenis kulit karena sudah bersertifiktat resmi dari BPOM. Tetapi, tentunya Somethinc masih memiliki kekurangan yang mungkin tidak banyak disadari oleh kebanyakan orang, yaitu mengenai keluhan pelanggan yang mengaku kulit mereka mengalami kemerahan setelah memakai produk Somethinc terlalu banyak atau sering dalam 1 hari. Keluhan ini sebenarnya sangat penting untuk diperhatikan oleh pihak Somethinc sendiri agar mereka mengevaluasi produk-produk mereka lebih lanjut demi kebaikan label brand.

Jika dilihat dari data penjualan produk di situs compas.co.id (https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/), Somethinc sudah meraup lebih dari Rp53 milyar sepanjang periode April-Juni pada tahun 2022 ini. Angka fantastis ini menjadikan Somethinc sebagai produk kecantikan dengan penjualan nomor 1 di Indonesia menurut compas.co.id. Artinya, antusiasme masyarakat terhadap produk-produk Somethinc sangat besar dan sudah mendapatkan kepercayaan dari pembeli.

Guna menjaga eksistensi produk Somethinc di pasaran, sebaiknya marketer segera merespon berbagai penilaian dan testimoni yang muncul. Misalnya saja memberikan edukasi penggunaan produk melalui konten digital agar kestabilan penjualan dari tahun ke tahun terjaga.

Produk kecantikan belakangan semakin membanjir, mencoba peruntungannya di pasaran Indonesia dan Asia Tenggara. Maka marketer harus lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan konten pemasaran lewat berbagai platform, seperti media sosial. Tak hanya itu, penawaran harga yang tidak kalah menarik bagi konsumen, sesekali atau secara terjadwal perlu dipertimbangkan untuk diberikan kepada pelanggan demi meraup lebih banyak pembeli potensial di masa depan.

Penulis: Ceva Faza Reza (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)

Berbagi artikel melalui:

Komentar

Komentar