Wonosari Dan Paliyan Raih Juara Pada Festival Jajanan Pasar Dan Dolanan Anak

oleh
Kepala Dinas Pariwisata dan jajaran mencicipi jajanan pasar kreasi peserta lomba. KH/ Kandar.

PATUK, (KH),– Festival Jajanan Pasar & Dolanan Anak Gunungkidul 2019 yang digelar Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) sukses digelar, Minggu, (27/10/2019).

Untuk Festival Jajanan Pasar, Kecamatan Wonosari keluar sebagai pemenang. Disusul diurutan berikutnya antara lain, Kecamatan Karangmojo, Semin, Semanu, dan Paliyan.

Sementara untuk Festival Dolanan Anak, berdasar penilaian dewan juri, Kecamatan Paliyan dinobatkan sebagai pemenang. Setelah Paliyan, diurutan berikutnya ada Kecamatan Karangmojo, Wonosari, Patuk dan Ponjong.

Ketua Panitia, Edo Sunardiono mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di kawasan rest area Hutan Bunder, Patuk tersebut sediannya untuk menggali kuliner khas serta melestarikan dolanan anak tradisioanl di Gunungkidul.

“Untuk mengidentifikasi potensi kuliner khususnya jenis – jenis jajanan pasar dan minuman tradisional Gunungkidul, mengajak masyarakat mengenal, mencintai dan melestarikan kuliner tradisional  Gunungkidul, dan memberdayakan masyarakat dan membantu jejaring antara produsen dan konsumen,” papar Sunardiyono, disela kegiatan.

Menurutya, kekayaan kuliner harus dilestarikan dan dikemas menjadi daya tarik. Hal tersebut bukan hanya mampu memberdayakan masyarakat tapi juga menjadi identitas dan kebanggaan Gunungkidul. “Di setiap kecamatan di Gunungkidul, tentu memiliki kuliner yang khas, unik, menarik dan bercita rasa yang tidak dijumpai di kecamatan lain,” kata dia.

Pementasan dolanan anak dari Kecamatan Semanu. KH/ Kandar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti menambahkan, festival dolanan anak tradisional dan festival kuliner jajanan pasar diharapkan menambah kemajuan pariwisata di Gunungkidul. “Dolanan anak akan dirancang menjadi daya tarik di desa-desa wisata yang sedang dikembangkan,” kata Asti.

Adapun pelaksanaan festival diikuti perwakilan tiap kecamatan di Gunungkidul. Tiap kecamatan mengirimkan 1 tim lomba dolanan anak dan 1 tim lomba kuliner jajanan pasar.

Kepada pemenang, sambung Asti, panitia memberikan hadiah dengan total mencapai puluhan juta rupiah. Rinciannya, juara I: Uang pembinaan Rp. 3.000.000,00 dan Trophy, Juara II: Uang pembinaan Rp. 2.500.000,00 dan Trophy, Juara III: Uang pembinaan Rp. 2.000.000,00 dan Trophy, Juara IV: Uang pembinaan Rp. 1.500.000,00 dan Trophy, Juara V: Uang pembinaan Rp. 1.000.000,00 dan Trophy. (Kandar)

Komentar

Komentar