Warga Terdampak Kekeringan Bertambah, Malioboro Hash House Harriers Salurkan 150 Air Tangki

oleh
Penyerahan simbolis bantuan air bersih dari Malioboro Hash House Harriers ke jajaran Polres Gunungkidul. KH/ Kandar.

PLAYEN, (KH),– Jumlah jiwa terdampak kekeringan di Gunungkidul bertambah. Berdasar data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, jumlahnya mencaapi 135.696 jiwa.

“Ratusan ribu warga tersebut tersebar di empat belas kecamatan di Gunungkidul,” kata Kepala BPBD Gunungkidul, Edi Basuki belum lama ini.

Diungkapkan, dari total alokasi droping air sebanyak 2000 tangki yang disediakan, saat ini masih terdapat sisa 800 air tangki. Jika nanti habis, pihaknya akan mengajukan alokasi anggaran tak terduga.

Selain dari BPBD, drooping air juga datang dari berbagai donatur dalam bentuk bhakti sosial (baksos). Salah satu komunitas yang turut memberikan bantuan air yakni Malioboro Hash House Harriers (MHHH).

Komunitas olahraga lari rekreasi lintas alam ini memberikan bantuan sebanyak 150 tangki air ke berbagai wilayah Gunungkidul yang membutuhkan.

“Kami salurkan 150 air tangki, untuk pembagiannya bekerja sama dengan Polres Gunungkidul. Ini tahun pertama baksos kami di Gunungkidul,” ujar Penasehat MHHH, Hardiyanto Eko Wibowo, Selasa, (27/8/2019) di titik pemberangkatan mobil tangki di kawasan Tahura, Playen.

Ditambahkan, komunitasnya selalu memiliki agenda baksos setiap tahun. Setelah memperoleh informasi bahwa di beberapa wilayah Gunungkidul terjadi krisis air, komunitas yang beranggotakan 500-an orang ini kemudian tergerak mengumpulkan donasi untuk pengadaan air.

Ketua MHHH, Budi Gunarso menambahkan keterangan, koordinasi yang dilakukan sebatas via WhatsApp group (WAG). “Kooordinasi 2-3 hari terkumpul dana untuk pengadaan 150 air tangki,” katanya. Pihaknya mengagendakan kedepan baksos bukan berupa dropping air melainkan pembuatan sumur bor.

Sementara itu, Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady SH SIK MH didampingi Wakapolres Gunungkidul, Kompol Joko Hamitoyo SH mengucapkan terimakasih kepada komunitas MHHH yang menginisiasi digelarnya baksos air bersih. Pihaknya akan melibatkan jajaran Polsek di masing-masing kecamatan guna pendistribusian bantuan.

“Terimakasih kepada komunitas telah membantu meringankan beban warga dalam hal pemenuhan air,” ujarnya. (Kandar)

Komentar

Komentar