Warga Rantau Bleberan Gelar Reuni Melalui Festival Budaya

oleh
Kirab budaya dalam rangka festival budaya reuni perantau warga Padukuhan Bleberan. KH
Kirab budaya dalam rangka festival budaya reuni perantau warga Padukuhan Bleberan. KH

PLAYEN, (KH)— Dalam rangka menjalin silaturahmi, Ikatan Keluarga Bleberan Perantauan (IKBP) menggelar temu kangen atau reuni yang dikemas dalam bentuk festival budaya, Sabtu, (1/10/2016).

Kegiatan yang dilestarikan sejak tahun 1980-an ini rutin diadakan setiap tiga tahun sekali. Kali ini tak kurang 500-an perantau mudik guna menyelenggarakan dan menyemarakkan acara tersebut.

Koordinator kegiatan, Oki Basirudin mengatakan, warga perantauan yang tersebar di wilayah se Indonesia menyempatkan pulang demi bertemu dengan sanak saudara di rumah sekaligus juga melepas kangen dengan sesama perantau.

“kegiatan festival budaya diisi dengan musik Koes Plus-an, Kenduri bersama warga, pagelaran Jathilan, dan Wayang Kulit. Kegiatan tambahan lain, ada bakti sosial, dan ziarah serta pengajian akbar,” sebut Oki.

Selain itu, tambah dia, ada kegiatan yang diinisiasi oleh karang taruna yang di wadahi dalam Ajang Kreasi Anak Muda Bleberan (AKRAB) berupa kirab budaya. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu dipusatkan di balai padukuhan setempat.

Suyarno, koordinator perantau asal Bleberan yang kini tinggal di Bantul mengungkapkan, dirinya sengaja pulang ke Padukuhan Bleberan karena menganggap acara reuni tersebut sangat penting, karena dapat dijadikan sebagai sarana silahturahmi dengan saudara baik yang tinggal di dusun maupun warga setempat yang berada di perantauan.

“Sebagai ajang saling ketemu, sebagai sarana berbagi informasi, pengalaman kegiatan selama di rantau, karena banyak juga perantau yang berhasil. Kalau levelnya dusun sepertinya ini satu-satunya,” tambah Suyarno. (Kandar)

Komentar

Komentar