Warga Pampang Paliyan Panen Rumput Bersama

oleh
Suasana panen rumput di lapangan. Foto : Kandar
Suasana panen rumput di lapangan. Foto : Kandar
Suasana panen rumput di lapangan. Foto : Kandar

PALIYAN, (KH) — Peristiwa unik terjadi di Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, tepatnya di lapangan sepak bola wilayah setempat, Kamis (26/3/2015).

Sebanyak 35-an warga yang berasal dari Padukuhan Kedungdowo Wetan, serta beberapa Padukuhan sekitar Desa Pampang ini mengadakan acara panen rumput bersama. Maman koordinator kegiatan mengutarakan, lapangan sepak bola tersebut merupakan tempat latihan dan bermain club sepak bola Bima Seta asal Pampang. Karena beberapa waktu terakhir kegiatan sedang vakum dan kondisi rumput sangat subur, maka dengan kesepakatan beberapa tokoh warga, sepakat untuk dipanen secara bersama.

“Sebelumnya memang ada larangan, jika warga hendak mencari rumput. Kalau hanya satu dua warga tidak boleh, kali ini beramai-ramai,” ujarnya.

Maman menambahkan, setiap warga pencari rumput dikenai biaya pengisian kas untuk club sepak bola Bima Seta sebesar Rp 5.000. Mereka dipersilahkan membawa pulang rumput semampunya. Rata-rata warga dengan sepeda motor mampu membawa 3 sak.

“Berbeda dengan warga yang mengangkut menggunakan mobil bak terbuka, mereka kita pungut Rp 10.000 hingga Rp 15.000,” imbuhnya.

Setelah selesai dipanen, jelas Maman, rumput akan diberi pupuk lagi, supaya tumbuh subur kembali. Kegiatan semacam ini sudah beberapa kali dilaksanakan di wilayah ini. Nampak suasana lapangan riuh dengan kelakar tawa warga yang bercanda sembari membabat rumput. (Kandar)

Komentar

Komentar