Warga Dan Wisatawan Padati Pantai Baron Saksikan Labuhan

oleh
Tradisi Labuhan di Pantai Baron. (KH)

TANJUNGSARI, (KH),– Warga di kawasan Pantai Baron, Kecamatan Tanjungsari termasuk pelaku usaha dan tim SAR menggelar adat tradisi Labuhan, Sabtu (31/8/2019).

Prosesi Labuhan yang diawali dengan kenduri di pendopo pantai setempat disaksikan ribuan wisatawan yang hadir. Ketua Dewan Budaya Gunungkidul, CB Supriyanto mengatakan, Labuhan di Pantai Baron merupakan bentuk ungkapan syukur.

“Bersyukur atas rejeki yang dilimpahkan baik bagi nelayan, pedagang dan seluruh masyarakat di Baron, Tanjungsari. Adat dan tradisi akan terus dijaga dan dilestarikan,” tegas dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelestarian Warisan Budaya Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Mantara MM menerangkan, Dinas Kebudayaan sengaja mengemas ritual adat tradisi di Pantai Baron ke dalam agenda besar bertajuk ‘Baron Art Festival’.

Pihaknya menambahkan, ritual tradisi labuhan akan menjadi agenda rutin untuk menjaga dan melestariakan adat tradisi dan budaya. “Harapannya juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan,” tukasnya.

Adapun puncak tradisi Labuhan, yakni prosesi melarung sejumlah gunungan hasil bumi dan sesaji ke laut. Usai diarak dari pendopo menuju pantai, gunungan diusung menggunakan kapal nelayan menjauh dari bibir pantai kemudian dilarung. (Kandar)

Komentar

Komentar