Upacara Bendera Di Laut Pantai Baron Kembali Digelar

oleh
Peserta upacara bendera di laut Pantai Baron mengibarkan bendera. KH/ Kandar.

TANJUNGSARI, (KH),– Beragam cara dilakukan masyarakat untuk melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73. Seperti tahun lalu, Search And Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah II Pantai Baron Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menggelar upacara bendera di laut, Jum’at, (17/8/2018).

Koordinator SAR Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan, peserta upacara yang berasal dari unsur SAR, nelayan, pelaku wisata, relawan, Basarnas DIY , pelajar dan masyarakat umum tersebut mencapai 800 orang.

“Momentum ini kita angkat untuk mengembalikan geliat kepariwisataan DIY khususnya wisata pantai yang sempat turun karena dampak gelombang tinggi kemarin. Masih banyak wisatawan yang trauma untuk berkunjung ke Pantai khususnya di Gunungkidul,” paparnya.

Pihaknya berharap, momentum peringatan HUT kemerdekaan dengan menggelar upacara di laut dapat mengembalikan jumlah kunjungan wisatawan yang sempat anjlok.

Peserta upacara yang bertugas mengibarkan bendera berenang ke laut menempuh jarak kurang lebih 500 meter. Dari ratusan peserta yang terlibat, beberapa diantaranya tak dapat mencapai titik pengibaran karena kuatnya gelombang yang menghempas ke daratan.

Salah satu peserta dari SAR DIY, Andri Ismawati mengaku bangga menjadi bagian peserta yang turut berenang ke laut. Meskin agak telat sampai di titik pengibaran namun dirinya merasa puas.

“Awalnya agak takut, tetapi setelah semua berjalan saya merasa puas,” ujarnya.

Pada pelaksanaan upacara, setidaknya satu buah jet ski dan beberapa kapal jukung bersiaga mengawal para perenang pengibar bendera. (kandar)

Komentar

Komentar