UN di SDN Pakel I Rongkop Lancar, Peserta Hanya 8 Anak

oleh
SDN I Pakel Kecamatan Rongkop. KH?Sarwo.
SDN I Pakel Kecamatan Rongkop. KH?Sarwo.

RONGKOP, (KH)— Pelaksanaan  Ujian Nasional Sekolah Dasar Negeri Pakel I UPT/TK SD Kecamatan Rongkop pada Senin (18/05) berjalan lancar tidak ada masalah. Mata Ujian Nasional bidang studi Bahasa Indonesia dilaksanakan pukul 08.00- 10.00 WIB, terasa lebih cepat selesai. Di SDN Pakel I UN hanya diikuti 8 peserta, terdiri dari 6 murid putra dan 2 murid putri.

Di teras sekolah tersebut terpasang spanduk logo Jogja istimewa dan seperti biasa juga terdapat peringatan “Harap Tenang Ada Ujian”. Kendati peserta hanya 8 anak, ujian tetap diawasi 2 orang pengawas. Juga diterapkan pengawas silang, pengawas guru dari lain sekolah, sementara guru SD Pakel I ada yang ditugasi mengawasi di SD  lain dalam satu gugus.

Menurut Kepala Sekolah SDN Pakel I Suparwanto SPd, diakui di SD Inti hanya ada 8 peserta, menyusutnya jumlah siswa, karena hanya menampung anak dalam satu pedukuhan, sehingga hanya mempunyai siswa 53 anak. Tiap kelas hanya dibawah 10 siswa, tetapi kelas rendah mulai banyak jumlahnya.

Suyadi, guru agama di sekolah ini menambahkan, sedikitnya siswa di SD Pakel I bukan karena KB berhasil, tetapi karena kebiasaan warga Pedukuhan Pakel, membawa anaknya merantau ke Jakarta. Ada juga yang anaknya tidak betah hidup di kota, dan akhirnya kembali ke SD Pakel I. Siswa di sekolah dasar ini hanya berasal dari Padukuhan Pakel I dan dari Padukuhan Kayangan. (Sarwo)