Ultah Ke 20, SMK 3 Wonosari Gelar Baksos Dan Pentas Seni

oleh
Rangkaian peringatan ulang tahun SMKN 3 Wonosari. KH.

WONOSARI, (KH),– Peringatan ulang tahun SMKN 3 Wonosari ke 20 yang digelar pekan lalu terlaksana dengan berbagai rangkaian kegiatan. Antara lain pengabdian masyarakat dengan agenda droping air, donor darah, cooking class yang diikuti oleh masyarakat sekitar, ibu guru dan dharma wanita SMK Negeri 3 Wonosari serta kelas anak-anak yang diikuti oleh putra-putri guru karyawan SMK Negeri 3 Wonosari.

Dalam peringatan juga diadakan berbagai lomba dengan tema lingkungan untuk mendukung program sekolah Adiwiyata. Momen ulang tahun sekolah juga digunakan untuk anjangsana ke bapak Ibu mantan kepala sekolah yang pernah bertugas di SMK Negeri 3 Wonosari. “Peringatan juga dimeriahkan dengan senam bersama dan jalan sehat,” kata Kepala SMKN 3 Wonosari, Dra Siti Fadilah, Kamis, (31/10/2019)

Puncak peringatan ulang tahun sekolah yang akrab disebut Esaga ini ditandai dengan gelar budaya yang menampilkan kreativitas dan potensi seni dari  ekstrakurikuler yang diselenggarakan di sekolah. Pada kesempatan itu ditampilkan seni Hadrah dan karawitan yang berkolaborasi dengan angklung dan alat musik modern untuk mengiringi panembromo dan tarian. Bersamaan juga ditampilkan tari kolosal yang membawakan tarian nusantara.

Ekstrakurikuler teater juga menampilkan garapan yang dikolaborasi dengan dolanan anak. Pengisi acara juga dihadirkan dari luar yaitu pementasan Rinding Gumbeng dan kelompok musik Kidung Etnosia.

“Bintang Tamu sengaja dihadirkan untuk memberi pembelajaran kepada siswa tentang musik tradisi khas Gunungkidul yaitu Rinding Gumbeng yang merupakan  musik tradisional yang diilhami dari latar belakang masyarakat agraris yang sangat akrab dengan nilai2 etos kerja  keuletan dan kerja keras,” jelas Siti Fadilah.

Sementara, Kidung Etnosia dihadirkan untuk memberi wawasan kepada siswa bahwa kegiatan atau hoby yang ditekuni dengan serius akan membuahkan  tampilan yang elegan dan sangat patut diapresiasi.

Kegiatan peringatan ulang tahun sekolah ditutup  dengan salat Dhuha berjamaah di lapangan upacara bagi yang beragama Islam serta dilanjutkan pelepasan balon.

Siti Fadilah juga menyampaikan, dengan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan peringatan hari ulang tahun diharapkan menambah spirit untuk mewujudkan tekad membentuk insan cendekia yang bermartabat dan berbudaya. “SMK bisa, SMK hebat, Esaga jaya Esaga mulia,” tukas Siti Fadilah. (Kandar)

Komentar

Komentar