Ulang Tahun Sekolah, Siswa SMA Negeri 1 Wonosari Bagi 1.000-an Buku

oleh
Kegiatan bagi buku di sebuah TBM. KH.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Dalam rangka ulang tahun ke-55, siswa SMA Negeri 1 Wonosari menggelar Roadshow Bagi Buku di tiga Taman Baca Masyarakat (TBM). Setidaknya ada 1.000-an buku yang dibagi hasil dari penggalangan buku yang dilakukan para siswa.

Dewan guru perwakilan SMA N 1 Wonosari, Sariyah menyebutkan, jumlah buku yang dibagi para siswa mencapai 1.117 eksemplar buku. Rinciannya, untuk TBM Dusun Bulu, Desa Candi Rejo, Kecamatan Semanu sebanyak 357 buku, untuk TBM GubugPintar 2 sejumlah 392 serta bagi TBM Omah Inspirasi sejumlah 368 buku.

“Buku berasal dari donasi masyarakat umum di Gunungkidul yang dihimpun para siswa,” kata Sariyah, Senin, (5/8/2019). Pembagian buku tersebut dilaksanakan pada Sabtu, (3/8) dan Minggu, (4/8) kemarin.

Dirinya berharap, buku bermanfaat bagi masyarakat sekitar TBM. Kegiatan yang terlaksana tak lain untuk mendukung gerakan literasi dengan mengenalkan dan mengajak anak-anak untuk suka membaca.

“Pada dasarnya, anak-anak harus diperkenalkan dengan buku terlebih dahulu bukan gadget,” ujar Sariyah.

Bersamaan dengan kegiatan pembagian buku, anak-anak TBM diajak mengikuti berbagai kegiatan, diantaranya kado silang, mendongeng serta kegiatan mewarnai.

Perwakilan masing-masing TBM mengucapkan terimakasih atas donasi buku yang diberikan. Sebagaimana disampaikan Koordinator TBM Gubuk Pintar 2, Erna Rokhayati, pihaknya berkomitmen akan menggalakkan pembiasaan membaca buku bagi anak-anak di sekitar TBM.

Ketua Panitia Evolution 11, Eugenius Damar menambahkan, rangkaian kegiatan Evolutin 11 berikutnya yakni pameran seni dengan nama ‘Mangerteni#3’. Agenda pameran seni ini akan dilaksanakan pada bulan September 2019. Dalam kegiatan yang akan berlangsung di eks kantor Kecamatan Wonosari tersebut akan ditampilkan karya siswa SMAN 1 Wonosari, para perupa dan masyarakat umum.

“Selain pameran seni rupa juga terdapat parade band, talkshow,  live sablonase, dan pameran dari talenta-talenta seni SMAN 1 Wonosari. Puncaknya akan digelar pentas seni di alun-alun Pemda Gunungkidul pada bulan Oktober mendatang,” papar Damar. (Kandar)

Komentar

Komentar